5 Hal Yang Perlu Anda Tahu Sebelum Berkunjung ke Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Yogyakarta. Lokasi Kebun Binatang Gembira Loka berada di daerah Kotagede, Kota Jogja. Sebuah tempat yang strategis, sehingga tak heran jika banyak pengunjungnya. Kebun Binatang Gembira Loka ini juga dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata di Jogja selain Tebing BreksiPuncak Becici, Pantai Wediombo, dan Candi Prambanan.

1.    Sejarah Kebun Binatang Gembira Loka

Alamat Gembira Loka tepatnya ada di Jalan Kebun Raya No.2, Rejowinangun. Area kebun binatang ini berada di atas tanah seluas 20 hektar dan mampu menampung ratusan satwa serta puluhan spesies flora. Di sana  juga terdapat wahana bermain serta taman yang asri untuk bersantai.

Kebun Binatang Gembira Loka

Sejarah kebun binatang Gembira Loka bermula dari sebuah tempat satwa peliharaan milik Keraton Yogyakarta. Dulu bernama Kebun Rojo yang berangkat dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933.

Keinginan baru dapat dilaksanakan oleh penerusnya, yakni Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Itu pun dengan cukup susah payah dan berangsur-angsur karena berbagai faktor. Salah satunya yaitu gejolak politik nasional pada masa Perang Dunia II hingga pemindahan ibu kota.

Tapi akhirnya berhasil dibuka dan bisa dikunjungi oleh publik dan dilakukan pembenahan tahun 2010. Mulai dari penertiban para pedagang kaki lima, perbaikan kandang, hingga rekrutmen pegawai secara lebih selektif. Sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan ke kebun binatang di Jogja.

2.    Rute Menuju Gembira Loka

Seiring ramainya pengunjung, Gembira Loka kini kian menjadi pilihan favorit wisatawan kala bertandang ke Jogja. Setidaknya setelah Malioboro dan Keraton Yogya. Untuk datang ke sini, rute jalannya cukup mudah.

Akses darat menuju Gembira Loka hampir dapat dijangkau oleh berbagai macam moda transportasi. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit jika berangkat naik bus Trans Jogja dari Terminal Giwangan. Namun lebih praktis lagi jika menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga  Kembali Dibuka, Wisata Seru Bersama Keluarga di Taman Margasatwa Ragunan

Google Maps: https://goo.gl/maps/MisBxrifiLnvcq8q8

Kalau lewat jalan Ring Road Timur, belok ke barat. Kalau dari arah utara, amati lampu merah kedua, tepatnya dari jembatan layang Janti. Setelah itu, masuk ke jalan Wonocatur sampai melihat jembatan dan di situlah tempatnya.

Jika Anda sedang berkunjung ke Malioboro, bisa juga kalau mau lanjut berwisata ke Gembira Loka. Anda hanya perlu berjalan lurus setelah belokan ke arah timur sekitar 6 km. Kemudian Anda akan mendapati jembatan penyeberangan dan tepat di sisi selatan jalan terpampang papan Gembira Loka.

3.    Wahana dan Pertunjukan Satwa

Selain menyaksikan berbagai jenis satwa populer, di sana juga terdapat hewan yang dilindungi di kebun binatang Gembira Loka. Contohnya adalah hewan Owa Kalimantan dan Orang Utan.

Masih banyak satwa yang lain juga. Mulai dari beruang madu, binturong, kancil, kuda nil, tapir, meerkat, unta, singa sampai harimau Sumatera. Tak ketinggalan, di kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta ada anak monyet juga, lho.

Anda juga bisa menyaksikan gelar satwa terampil. Sebuah pertunjukan satwa seperti beruang madu, burung kangkareng, hingga burung kakak tua jambul kuning. Ada juga pertunjukan linsang dan orang utan yang bisa Anda tonton secara gratis alias tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Pertunjukan itu sendiri bisa Anda saksikan setiap Senin-Jum’at pada pukul 11.00-13.00 WIB. Sementara pada hari Sabtu pada digelar mulai pukul 11.00-14.00 WIB. Sedangkan pada hari Minggu dan hari libur nasional bisa Anda saksikan mulai pukul 10.00-15.00 WIB.

Selain itu, ada juga wahana air yang bisa Anda coba. Mulai dari skuter air, perahu kayuh, perahu katamaran, hingga perahu banana orca.

Kalau berlibur dengan keluarga, Anda bisa mengajak buah hati Anda bermain di wahana Kolam Tangkap. Seperti namanya, tempat ini adalah wahana khusus anak di bawah usia 10 tahun. Di dalamnya berisi berbagai ikan kecil yang bisa ditangkap dan dibawa pulang oleh pengunjung.

Kalaupun anak Anda tidak berhasil menangkap ikan, petugas sudah menyediakan bungkusan ikan yang siap dibawa pulang. Menariknya lagi, wahana ini hanya mematok tarif 10 ribu rupiah per anak.

Baca Juga  Candi Kalasan, Kuil Buddha Tertua di Jawa

Anda juga bisa merasakan sensasi berada di tumpangan gajah atau unta. Selain itu, ada juga penyewaan ATV dan kereta mini untuk menikmati sensasi lain ketika berkeliling kebun binatang.

4.    Fasilitas Wisatawan

Fasilitas di Gembira Loka cukup lengkap. Ada toilet umum, tempat ibadah dan zona WiFi gratis. Namun perlu diingat bahwa tempat parkir ketika sedang ramai biasanya penuh dan mengharuskan Anda parkir di luar. Jika parkir di luar, Anda harus jeli karena harga parkirnya bisa naik berkali lipat.

Jika Anda ingin menginap di hotel, harga termurah yang bisa Anda dapatkan sekitar 250 ribu semalam. Sekarang sudah banyak aplikasi booking hotel online yang memudahkan akses pemesanan.

Kalau soal makan, Anda tidak perlu cemas akan harga makanan yang terlampau mahal. Harga makanan di warung sekitar Gembira Loka cukup terjangkau. Contohnya, seporsi bakso seharga 8 ribu dan es teh seharga 3 ribu rupiah saja.

Sekadar saran, jika Anda berkunjung bersama keluarga, terlebih membawa anak kecil, penting untuk selalu mengawal anak Anda secara ketat. Hal ini penting untuk mengantisipasi hal-hal buruk, karena lokasinya lumayan ramai.

Kalau bisa juga berangkat pagi. Sebab, Gembira Loka sudah mulai buka sejak pukul 8 pagi dan biasanya kepadatan pengunjung saat pagi hari belum seramai saat siang.

Jika perlu juga bawa topi atau pelindung kepala. Cuaca siang hari sering terik dan menyengat. Terlebih kalau situasi sedang ramai pengunjung dan berdesakan di sana-sini.

Bawalah handuk dan pakaian ganti jika Anda dan keluarga berencana main ke wahana air seperti kolam tangkap ikan. Tentu tidak mungkin Anda akan membiarkan anak Anda pulang dalam keadaan basah kuyup.

5. Jam Buka dan Harga Tiket Masuk 

Anda dapat mengunjungi Gembira Loka pada hari apa pun. Mulai dari Senin-Minggu, termasuk saat hari libur nasional. Harga tiket Gembira Loka senilai 20 ribu rupiah saja pada hari biasa.

Baca Juga  Kuntum Farmfield Tempat Wisata Populer di Bogor

Jika Anda berkunjung pada akhir pekan atau hari libur nasional, harganya selisih 5 ribu rupiah lebih mahal. Tiket Gembira Loka seharga 20-25 ribuan itu bisa untuk mengunjungi kebun binatang ini sejak pukul 8 pagi sampai 5 sore.

Apabila Anda datang secara rombongan, akan ada potongan harga khusus tergantung kriteria kelompoknya. Rombongan SLB mendapat diskon sebesar 50%. Untuk rombongan PAUD atau TK mendapat potongan harga tiket hingga 25%.

Rombongan siswa sekolah (SD-SMA) memperoleh diskon 15%. Sedangkan untuk golongan umum mencapai 10%. Syarat masuk kebun binatang Gembira Loka dengan diskon tertentu cukup mudah, yakni memenuhi kuota rombongan dengan minimal 25 peserta dan menunjukkan surat pengantar.

Harga tersebut cukup sepadan dengan apa yang akan diperoleh wisatawan. Karena di sana ada begitu banyak koleksi satwa yang bisa Anda saksikan secara langsung.Itu tadi mengenai seluk-beluk Kebun Binatang Gembira Loka. Sebagai catatan, harga tiket dan jam operasional bisa berubah kapan saja tergantung situasi dan kebijakan pengelola lokasi.

5 / 5. 1

(Visited 2 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Mitos, Daya Tarik, dan Keunikan Candi Prambanan
Candi Prambanan

UNESCO menetapkan Candi Prambanan sebagai salah satu warisan dunia sejak tahun 1991 silam. Fungsi Candi Prambanan ini sendiri ditujukan sebagai Read more

Mengenal Pantai Wediombo, Pesona Alam di Kawasan Yogyakarta
Pantai Wediombo Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan banyak hal menarik, mulai dari sistem pendidikan, wisata, kuliner, dan Read more

Pantai Slili, Wisata Gunung Kidul yang Damai nan Indah
Pantai Slili

Tak hanya terkenal dengan olahan singkong, Gunung Kidul juga memiliki banyak tempat wisata indah yang wajib Anda kunjungi. Salah satunya Read more

Terbius Keelokan Puncak Becici yang Mempesona
Wisata Puncak Becici Jogja

Menawarkan banyak sekali wisata alam, Puncak Becici bisa menjadi sasaran saat melakukan plesiran di Yogyakarta. Sempat didatangi oleh Presiden ke-44 Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: