5 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Berkunjung ke Taman Anggrek Tegal

Taman Anggrek Tegal merupakan satu diantara tempat wisata yang bisa menjadi opsi liburan Anda ketika sedang berada di Tegal, Jawa Tengah. Tempatnya cukup asri dan berwarna sehingga cocok untuk berelaksasi dari kepenatan. Wisata Taman Anggrek Guci Tegal ini merupakan salah satu destinasi wisata alternatif selain Pemandian Air Panas Guci di daerah Tegal.

1.   Lokasi Wisata Taman Anggrek Tegal

Lokasi Taman Anggrek Tegal ini tepatnya berada di Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Lebih tepatnya di Jalan Objek Wisata Guci, Sawah, Ladang, Desa Tuwel.

Wisata Taman Anggrek Tegal

Letaknya yang berada di kaki gunung Slamet menjadi sebuah nilai plus tersendiri. Suasana asri khas pegunungan menjadikan suhu yang sejuk serta menghadirkan kenyamanan bagi siapa saja yang datang berkunjung. Belum lagi bunga-bunga yang bertebaran di setiap sudut yang sangat berwarna.

Hadirnya tempat wisata anggrek semacam ini membuat Kabupaten Tegal kini mulai menarik perhatian wisatawan dari berbagai kota. Hamparan warna-warni bunga nan cantik akan membuat mata Anda tersenyum saat melihatnya.

Mata juga berbinar ketika menyaksikan keindahan semerbak bunga warna-warni. Hawa sejuk khas daerah pegunungan. Plus spot foto yang keren di sana sini semakin melengkapi kunjungan Anda ke tempat ini.

Tempat ini cocok bagi Anda yang gemar berfoto dengan tema latar belakang taman bunga yang indah. Karena terletak di daerah kaki gunung Slamet, nuansa natural alam pun lebih mendominasi.

Kesegaran alam pegunungan menjadi daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Tentu akan menjadi rekreasi yang berbeda daripada destinasi wisata yang semacamnya di Tegal.

Warna-warni taman bunga juga menjadi ciri khas tempat wisata Taman Anggrek Tegal Jawa Tengah tersebut. Sehingga banyak pengunjung yang berduyun-duyun datang ke sana.

2.    Surga Spot Foto Keren

Di area yang berdiri di tanah seluas 4 hektar ini, wisata Taman Anggrek Tegal mengusung konsep yang berbeda dari taman lainnya. Karena tamannya cukup unik ala taman-taman di Eropa.

Baca Juga  6 Hal Penting Sebelum Anda Berkunjung ke Candi Dieng

Bangunan dan gaya arsitekturnya bisa Anda saksikan sendiri seperti gaya khas arsitektur Belanda dan negeri Eropa lainnya. Hal itu pula yang menjadikan tempat ini menjadi ladang spot foto keren.

Aneka bunga yang ditanam di taman Guci Tegal ini juga sangat variatif. Mulai dari jenis anggrek lokal, hingga impor dari negara lain.

Ada juga jenis bunga lain yang tak kalah cantiknya. Bunga lily, petunia, peacock, kastuba, daisy, begonia, soka dan bunga matahari bisa Anda jumpai di sini. Berkunjung ke destinasi wisata yang colorful semacam ini pastinya akan menyenangkan untuk dipandang.

Meski terbilang masih anyar, destinasi wisata yang baru dibuka pada tahun 2019 lalu ini terbilang cukup pesat perkembangannya. Kini, hampir siapa pun yang datang ke Tegal pasti menyempatkan untuk singgah ke Taman Anggrek Tegal.

Bukan saja sajian taman bunga yang warna-warni dan indah, namun Anda juga dapat menyaksikan keindahan panorama gunung Slamet secara lebih jelas. Pemandangan gunung Slamet yang indah tak jarang menjadi latar belakang spot foto keren andalan para pengunjung.

3.    Fasilitas Tempat Wisata

Selain fasilitas utama yang bisa Anda nikmati dari keindahan taman ini, fasilitas menarik lainnya juga bisa Anda coba. Misalnya saja, kolam air panas. 

Kondisi natural tempat ini begitu sering sejuk dan cenderung dingin. Bagi Anda yang mungkin alergi atau tidak tahan dingin, Anda bisa mencoba sensasi berendam di kolam air panas. Ini bagus untuk relaksasi dan kesehatan tubuh.

Spot foto yang ada di sini juga tidak kalah menarik. Hampir di setiap sudutnya bisa dijadikan spot foto. Namun bukan berarti pengelola objek wisata tidak menyediakan spot foto sendiri.

Ada banyak spot foto yang bisa Anda coba di sini. Bangunan arsitektur gaya Belanda, anjungan, mobil Jeep, jembatan kaca, dan air mancur bisa menjadi pilihan yang bisa Anda coba.

Kalau mau yang lebih beda, Anda juga bisa mencoba perahu air. Di lokasi ini ada danau kecil dan di sana ada perahu mini yang bisa Anda tumpangi. Berkeliling danau menaiki perahu tentunya menjadi relaksasi tersendiri guna melepas kepenatan.

Baca Juga  6 Hal Penting Seputar Benteng Pendem Cilacap

Untuk mengakomodir kebutuhan para wisatawan, di sana juga tersedia fasilitas umum yang  berfungsi baik. Mulai dari tempat ibadah, area parkir, toilet umum dan warung makan.

Ada juga gazebo jika Anda ingin duduk bersantai sejenak. Anda pun bisa membawa pulang buah tangan di toko bunga yang menyediakan berbagai jenis bunga seperti yang ada di taman.

4.    Rute Jalan

Jika Anda ingin datang ke sana, Anda bisa menggunakan Pemandian Air Panas Guci sebagai patokan. Karena lokasinya tidak berjarak jauh.

Dari lokasi Taman Anggrek Tegal ini, jaraknya hanya terpaut 3 km saja. Tidak sampai memakan waktu 10 menit sudah sampai jika naik motor atau mobill.

Google Maps: https://goo.gl/maps/JqEVu9vYWmuKyuHw6

Akan tetapi jika Anda berangkat dari pusat kota Tegal, butuh waktu sekitar 1 jam guna menempuh jarak 40 km menuju lokasi. Anda bisa mengambil arah tenggara dan menyusuri Jalan Pesona Abadi.

Terus saja melewati Jalan Banjaranyar-Tegal, Jalan Gatot Subroto, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Raya Tegal-Purwokerto dan Jalan Tegal-Cilacap. Lalu belok kanan. Setelah itu, pilih arah ke Jalan Towel dan lurus saja ke arah Guci.

Objek wisata ini juga tidak jauh dari Bukit Goa Lawang. Destinasi wisata yang kerap menjadi spot foto dengan lanskap pemandangan alam dan tumpukan batu yang menjulang tinggi menjadi ciri khasnya. Jaraknya kurang lebih 15 km atau setengah jam perjalanan kendaraan darat.

Akses menuju jalan ini cukup mudah dan nyaman bagi pengendara roda empat maupun roda dua. Alamatnya juga sudah terdaftar di Google Maps secara akurat. Jadi, Anda tidak perlu cemas lagi.

Namun yang perlu menjadi perhatian adalah jam buka. Jam operasional objek wisata ini dimulai sejak pukul 9 pagi dan tutup pada pukul 5 sore. Jadi, jangan buru-buru datang pagi buta. Jangan pula datang terlalu petang, sebab objek wisata ini tidak buka sampai malam hari.

Baca Juga  Serunya Wisata ke Ancol! Inilah Daya Tarik, Wahana dan Fasilitasnya

5.    Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Taman Anggrek Tegal cukup terjangkau dan dibedakan menurut kategori pengunjungnya. Yaitu kategori dewasa atau umum dipatok harga 15 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk kategori anak-anak cukup 10 ribu rupiah saja.

Untuk tarif parkir kendaraan juga murah. Kendaraan roda dua cukup membayar 2 ribu rupiah saja untuk parkir. Sedangkan untuk mobil dan kendaraan roda empat lainnya dikenai tarif sebesar 5 ribu rupiah.

Untuk penginapan Taman Anggrek Tegal sekitarnya, Anda bisa menginap di sebuah penginapan dekat Bukit Bintang Guci. Tempatnya cukup unik karena menawarkan pemandangan eksotis dan masih tergolong anyar. Karena baru buka sejak Maret 2021 lalu.Satu kamar sewa juga dapat ditempati 2-3 orang. Jadi, Anda bisa sedikit berhemat. Sementara untuk tarifnya sekitar 700 ribu per malam. Tentu ini menjadi pilihan menarik terutama bagi Anda yang datang ke Taman Anggrek Tegal dari luar kota.

5 / 5. 1

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Menelusuri Indahnya Candi Gedong Songo di Ungaran
Candi Gedong Songo

Dalam memilih destinasi wisata tidak lepas dari aspek budaya dan sejarah yang memiliki daya tarik tersendiri. Di Semarang, terdapat wisata Read more

6 Hal Penting Sebelum Anda Berkunjung ke Candi Dieng
Candi Arjuna Dieng

Jika Anda sedang atau berencana liburan ke daerah Jawa Tengah, sempatkanlah mampir ke Candi Dieng. Candi ini kini mulai ramai Read more

Mengenal Umbul Manten, Wisata Alam Penuh Misteri di Klaten
Umbul Manten Klaten

Setelah lelah beraktivitas setiap hari, Anda tentu membutuhkan istirahat sejenak. Untuk mengembalikan energi dan pikiran, Anda bisa mengunjungi wisata alam Read more

6 Hal Penting Seputar Benteng Pendem Cilacap
Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap merupakan salah satu objek wisata yang cukup ikonik di Cilacap. Destinasi wisata satu ini memiliki nilai historis Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: