6 Hal Penting Seputar Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap merupakan salah satu objek wisata yang cukup ikonik di Cilacap. Destinasi wisata satu ini memiliki nilai historis yang cukup kental karena merupakan bekas peninggalan Belanda. Benteng Pendem merupakan salah satu destinasi wisata alternatif di Cilacap selain Pantai Teluk Penyu. Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca artikel berikut ini.

6 Hal Penting Seputar Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum ke benteng peninggalan Belanda di Cilacap ini. Mulai dari lokasi, sisi historisnya, hingga kisah mistis yang menyelimutinya. 

1.     Alamat Benteng Pendem

Lokasi benteng Pendem ini tepatnya berada di Jalan Sentolo Kawat, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Benteng Cilacap ini sudah eksis sejak Indonesia belum merdeka. Nilai historis inilah yang menghadirkan kesan tersendiri bagi siapa pun yang berkunjung ke sana.

Google Maps: https://goo.gl/maps/XsSP1S28TbXoaRsj9

Posisinya pun jika diperhatikan lebih detail secara geografis, sangat strategis sebagai area pertahanan dari serangan Belanda dulu. Benteng Pendem peninggalan zaman Belanda ini mulai dikenal publik pasca Indonesia merdeka.

Itu pun dengan sederet cerita unik yang terjadi sepanjang pembangunannya. Yang mana, Benteng Pendem Cilacap ini terbuat di bawah permukaan tanah. Ini terbilang unik sebab lokasinya tidak jauh dari lautan dan sangat menakjubkan secara keilmuan konstruksi arsitektur.

2. Sisi Historis Benteng Pendem Cilacap

Sejarah Benteng Pendem Cilacap Jawa Tengah ini bermula dari Belanda yang membangunnya secara bertahap. Total memerlukan waktu sekitar 18 tahun lamanya sampai tempat ini dapat digunakan secara utuh oleh militer Belanda.

Lantas apa fungsi Benteng Pendem pada masa penjajahan Belanda? Akar alasan kenapa benteng ini dibuat sebenarnya sederhana, yakni melindungi wilayah jajahannya. Lokasinya dekat dengan pesisir selatan Pulau Jawa dan tujuannya guna mengantisipasi serangan dari jalur laut.

Sebenarnya militer Belanda bukan saja membangun satu benteng ini saja. Ada bangunan pertahanan serupa di sekitarnya yakni Cepiring, Karang Bolong, dan Benteng Klingker.

Terdapat cerita Benteng Pendem yang cukup pilu tentang kisah berdirinya benteng satu ini. Seperti kita ketahui bersama, kerja rodi adalah tindakan penindasan pada masa penjajahan Belanda. Konon, pemberlakuan kerja rodi juga berlangsung tatkala benteng ini dibangun.

Baca Juga  Candi Kalasan, Kuil Buddha Tertua di Jawa

Praktik perbudakan tersebutlah yang mengindikasikan kenapa benteng ini bisa berdiri di atas area yang luasnya sekitar 6 hektar ini. Alasan kenapa tempat ini terdiri dari banyak bentuk parit adalah sebagai saksi kekejaman tentara kolonial untuk memperkosa wanita pribumi.

Benar atau tidak desas-desus tersebut, kiranya tidak akan terjawab secara konkret. Namun Anda bisa mendengar beberapa kesaksian orang yang pernah berkunjung kesana. Mereka mengatakan kerap  suara-suara aneh seperti tangisan wanita yang disinyalir adalah arwah korban.

3. Kisah Mistis Benteng Pendem

Kisah gelap di balik pembangunan benteng satu ini juga tak berhenti sampai di situ. Narasi mistis juga turut menyelimuti misteri Benteng Pendem Cilacap.

Santer terdengar desas-desus dari mulut ke mulut bahwa pembangunan benteng ini memakan cukup banyak korban. Tak heran jika banyak orang menyebut Benteng Pendem Cilacap angker.

Terbukti dengan adanya beberapa makam yang terletak di sekitar benteng. Makam di Benteng Pendem Cilacap itu adalah pusara, tempat para pahlawan yang gugur ketika berjuang melawan para kolonialis Belanda bersemayam.

Tidak sedikit kesaksian misterius dari orang yang pernah berkunjung ke sana, terutama saat malam hari. Ada yang mengaku kerap mendengar suara-suara aneh seperti suara jeritan atau tangisan wanita.

Konon, ada sepuluh barak lebih yang ramai akan isu-isu supranatural. Satu di antaranya merupakan barak yang sering dijadikan tempat menyiksa para wanita untuk melayani para kolonial Belanda.

Lebih ngeri lagi, ruangan paling ujung, katanya menjadi lokasi eksekusi. Tempat pembunuhan para wanita dan juga para pekerja yang dianggap tak layak hidup lagi, karena tidak mampu bekerja dengan baik. 

4. Parit yang Memutar

Ada satu spot yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pengunjung dapat mengeksplor area berupa cekungan tanah yang biasanya digunakan untuk menampung berkubik-kubik air.

Baca Juga  Lebih Tua Dari Majapahit, Begini Megahnya Candi Brahu

Pengunjung umumnya menyebutnya kolam, namun “parit” sebenarnya menjadi istilah yang lebih pas. Karena sejak kolonial Belanda mendirikannya, lokasi tersebut ditujukan sebagai parit.

Fungsinya untuk menghadang pasukan lawan yang mencoba menerobos benteng pertahanan. Adanya parit tersebut sebagai kamuflase bagi batalion yang bersembunyi guna melakukan penjagaan dan menghalau serangan musuh.

Selain itu, terdapat juga sebuah jembatan mini. Jembatan inilah yang menyatukan bangunan tersebut dengan tanah yang terletak di seberang parit.

5. Rute Menuju Benteng Pendem

Tidak jauh dari Benteng Pendem, Anda dapat menjumpai Teluk Penyu dan merasakan sensasi berkunjung ke pantai yang berbeda dari biasanya.

Destinasi wisata yang ada di Cilacap Selatan ini juga tak kalah ramai dari Benteng Pendem Cilacap.Kedua lokasi tersebut tidak berjarak jauh. Kalau mau ke sana, Anda bisa berjalan kaki santai.

Jika  Anda berasal dari luar kota, caranya cukup mudah untuk sampai ke Benteng Pendem. Dari Bandara Tunggul Wulung, Anda bisa naik bus jurusan Cilacap dan berhenti di Terminal Cilacap.

Dari sana langsung naik angkot jurusan Teluk Penyu. Nanti Anda turun di Pantai Teluk Penyu. Setelah itu, Anda naik ojek online ke lokasi Benteng Pendem.

Cara yang hampir sama juga bisa Anda terapkan jika naik kereta api. Jika Anda naik kereta dan turun di Stasiun Cilacap, pilih saja angkot jurusan Teluk Penyu. Begitu sampai di pantai, tinggal cari ojek untuk ke Benteng Pendem.

Jarak antara Teluk Penyu dan Benteng Pendem tidak sampai 2 km. Kalau naik motor mungkin hanya 4-5 menit saja sudah sampai. Kalau berkenan ingin berjalan kaki pun tidak sampai setengah jam sudah sampai.

6. Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Untuk bisa berkunjung dan mengeksplorasi setiap sudut ruang yang ada di Benteng Pendem Cilacap ini Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk Benteng Pendem Cilacap sebesar Rp7.500 saja.

Harga karcis tersebut terbilang murah meriah sebab dengan karcis senilai Rp7.500, Anda sudah bisa mengunjungi benteng sejak pagi sampai petang. Tepatnya, jam operasionalnya adalah mulai pukul 8 pagi sampai pukul 6 sore.

Baca Juga  Candi Muara Takus, Pusat Peradaban di Tengah Hutan Riau

Namun itu hanya karcis masuknya saja. Belum termasuk tarif parkir jika Anda membawa kendaraan pribadi. Jika Anda membawa motor, maka tarif parkirnya senilai Rp2000. Sedangkan jika Anda membawa mobil, tarif parkirnya sebesar Rp5.000.

Harga tersebut terbilang cukup terjangkau. Anda bisa mengajak buah hati dan mengenalkan mereka tentang sejarah penjajahan Belanda tempo dulu di benteng tersebut. Anda pun bisa berfoto ria di berbagai spot yang terlihat menarik sebagai latar belakang foto.

Terdapat beberapa titik yang dapat Anda jadikan latar belakang kala Anda mengambil gambar. Mau swafoto atau foto grup, semuanya sama bagusnya. Apalagi ditambah tembok-tembok benteng yang terlihat kusam semakin menambah kesan klasik pada hasil jepretan Anda nantinya.Atau jika mau lebih ikonik lagi, Anda bisa berfoto di bagian depan, di dekat tulisan “Benteng Pendem”. Hasil fotonya tentu lebih absah sebagai pertanda Anda pernah berkunjung ke Benteng Pendem Cilacap. Jangan lupa juga mengunggah foto-foto tersebut ke media sosial.

5 / 5. 2

(Visited 6 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Menelusuri Indahnya Candi Gedong Songo di Ungaran
Candi Gedong Songo

Dalam memilih destinasi wisata tidak lepas dari aspek budaya dan sejarah yang memiliki daya tarik tersendiri. Di Semarang, terdapat wisata Read more

6 Hal Penting Sebelum Anda Berkunjung ke Candi Dieng
Candi Arjuna Dieng

Jika Anda sedang atau berencana liburan ke daerah Jawa Tengah, sempatkanlah mampir ke Candi Dieng. Candi ini kini mulai ramai Read more

Mengenal Umbul Manten, Wisata Alam Penuh Misteri di Klaten
Umbul Manten Klaten

Setelah lelah beraktivitas setiap hari, Anda tentu membutuhkan istirahat sejenak. Untuk mengembalikan energi dan pikiran, Anda bisa mengunjungi wisata alam Read more

5 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Berkunjung ke Taman Anggrek Tegal
Taman Anggrek Guci Tegal

Taman Anggrek Tegal merupakan satu diantara tempat wisata yang bisa menjadi opsi liburan Anda ketika sedang berada di Tegal, Jawa Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: