6 Info Penting Tentang Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey merupakan satu di antara sekian destinasi wisata yang bisa Anda datangi kala berkunjung ke Bandung. Objek wisata satu ini memiliki banyak keunikan, salah satunya berkaitan dengan asal-usul penamaannya. Wisata ini menjadi salah satu alternatif wisata alam lainnya di Bandung seperti wisata Situ Patenggangwisata Kampung SingkurGunung Tangkuban Perahu, dan masih banyak lagi. Berikut ulasan selengkapnya.

6 Info Penting Tentang Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Sebelum mengunjungi wisatawan keren yang satu ini, sebaiknya ketahui info penting berikut ini. Mulai dari alamat, sejarah, fasilitas, rute perjalanan, hingga harga tiket masuknya.

1. Letak Kawah Putih Ciwidey

Ciwidey Kawah Putih beralamatkan di daerah Lebak Muncang. Tepatnya di KM 11, Jl. Raya Patengan, Ciwidey.

Objek wisata satu ini populer akan airnya yang berwarna putih. Yang mana warna putih tersebut bukan murni karena air yang terdapat di permukaannya. Akan tetapi disebabkan oleh unsur kimia lain di dalam tanah yang bercampur dengan sulfur atau belerang.

Google Maps: https://goo.gl/maps/3VNngpmwAceNjbU19

Jika Anda melihat ke bagian air, warna putih kehijauanlah yang akan Anda dapati. Tekstur dan konstruksi maupun struktur lapisan dinding kawah satu ini memang unik. Mengingat awal mula lahirnya kawah ini bermula dari letusan Gunung Patuha Ciwidey yang luar biasa besarnya.

Faktor lingkungan sekitar cukup memengaruhi sensasi yang ditawarkan kepada setiap para pengunjung. Pada saat-saat tertentu warna air pada permukaan kawah dapat berubah tergantung suhu udara, cuaca atau kadar belerang yang turut berpengaruh pada kondisi air di kawah.

Hanya sedikit orang yang beruntung menyaksikan warna air nan unik tersebut. Karena tidak setiap saat para pengunjung dapat menemukan momen di mana kawah memancarkan warna eksotis. Jika beruntung, Anda bisa memanfaatkan situasi itu untuk latar belakang foto Anda.

2. Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Sekitar abad 10, terjadi letusan besar Gunung Patuha yang pada kemudian hari turut membentuk Kawah Putih Ciwidey.

Dulu, adanya kawah putih ini tidak mendapat perhatian dari masyarakat lokal sekitar. Pasalnya, masyarakat masih percaya pada mitos Kawah Putih Ciwidey yang terbilang cukup angker. Sehingga wacana untuk menjadikannya sebagai potensi pariwisata pun masih belum muncul.

Baca Juga  Pantai Double Six Bali: Aktivitas Menarik, Keindahan, dan Aksesnya

Barulah pada tahun 1987, seorang geolog asal Jerman, Franz Wilhelm Junghuhn datang untuk melakukan penelitian di puncak Gunung Patuha.

Kunjungannya itu membuka wawasan rakyat bahwa di sekitar puncak terdapat sebuah kawah dengan air berwarna kehijauan yang indah dan menakjubkan. Pada beberapa sisi tercium aroma belerang yang begitu menyengat pula.

Kemudian pada zaman pemerintahan kolonial Belanda, kawah ini dinilai mempunyai potensi kapur yang bagus. Atas dasar inilah Belanda mendirikan sebuah pabrik kapur yang bernama Zwavel Ontgining.

Begitu halnya ketika Jepang datang dan mengakuisisi pemerintahan dari Belanda. Lalu, pasca kemerdekaan Indonesia, pemerintah lebih memperhatikan potensi wisata ini.

Segala upaya dilakukan guna menarik minat wisatawan berkunjung. Berbagai fasilitas dan jalur akses dibangun agar lebih dapat mengakomodasi kemudahan pengunjung.

Terdapat juga objek wisata sekitar Kawah Putih Ciwidey lainnya, seperti Taman Hutan Raya Djuanda. Atau jika menyukai ketinggian, Anda bisa mampir ke Puncak Bukit Bintang Bandung.

3. Legenda Kawah Ciwidey

Sebelum penemuan kawah oleh seorang geolog asal Jerman, sebenarnya kawah ini sudah diyakini ada menurut legenda yang beredar di warga sekitar. Anggapan angker yang menyelimuti kawah ini semakin diperkuat dengan bukti bahwa tidak ada satu hewan pun yang melewati kawah ini.

Konon, ada tujuh makam keramat para leluhur di puncak Gunung Patuha yang semuanya mendapat julukan Eyang. Keyakinan ini terus eksis dan jangan heran jika masih terdapat warga yang kerap melaksanakan ritual tertentu berkaitan dengan makam para leluhur tersebut.

4. Rute Menuju Kawah Putih Ciwidey

Anda bisa datang ke Kawah ini baik dengan moda transportasi umum atau kendaraan pribadi. Namun pertimbangkan efisiensi transportasi Anda. Jika hanya datang seorang diri, lebih baik pakai transportasi umum saja.

Namun jika Anda membawa kendaraan pribadi, telusuri jalur yang bermula dari pintu Tol Purbaleunyi atau Tol Kopo. Lalu menuju ke Kopo-Soreang.

Baca Juga  Info Lengkap Destinasi Wisata Kampung Singkur Pangalengan Bandung

Memasuki kawasan Soreang nantinya akan ada penunjuk jalan yang menginformasikan bahwa Anda sudah sampai di wilayah Ciwidey. Pintu masuk objek wisata Kawah Putih tidak jauh dari situ akan segera Anda temui.

Jika datang dari luar kota, Anda bisa naik bus menuju Terminal Leuwi Panjang yang terletak di kota Bandung. Dari sana, Anda bisa naik angkutan L300 menuju Ciwidey.

Begitu sampai Ciwidey, ada angkot warna kuning jurusan Situ Patenggang. Jangan khawatir, nantinya angkot ini memang sudah sering berhenti di depan pintu masuk Kawah Putih Ciwidey.

5. Fasilitas Objek Wisata

Ada beberapa fasilitas objek wisata yang bisa Anda coba selagi berkunjung ke sini. Kalau Anda merasa kedinginan, coba nikmati pemandian air panas Kawah Putih Ciwidey.

Di sekitar kawah, terdapat beberapa titik pemandian. Air panas ini mengandung belerang dan murni berasal dari panas bumi. Mandi air panas terlebih langsung dari sumbernya, dapat menyehatkan tubuh dan membunuh bakteri-bakteri jahat dalam tubuh. Ini bagus untuk relaksasi dan setara dengan pijat rutin.

Selain itu, kalau Anda gemar mencoba aneka makanan, sajian kulinernya juga patut dicoba terutama minumannya. Anda bisa meminum aneka minuman khas, seperti bandrek, wedang bajigur dan semacamnya sembari menyaksikan lanskap alam nan asri dan permai.

Bagi Anda yang hobi foto-foto, lokasi ini juga tidak kalah menarik. Spot foto bertebaran di sini untuk hasil maksimal Anda mengabadikan momen. Mau foto dengan pose sambil minum wedang bajigur juga oke. Atau mau foto dengan latar belakang permukaan kawah berwarna eksotis juga tak kalah estetik.

Kalau Anda datang dari luar kota dan ingin menghabiskan malam di sekitar lokasi Kawah Putih, sebaiknya sewa villa atau hotel di Ciwidey dekat Kawah Putih.

Pastikan Anda memesannya dari jauh-jauh hari guna menghindari kehabisan kamar. Toh, sekarang sudah banyak aplikasi yang menyediakan jasa pemesanan hotel secara online. Tentukan juga, rencana satu kamarnya mau diisi berapa orang setelah itu baru pikirkan Anda mau pesan berapa malam.

Baca Juga  Floating Market Lembang, Wisata Unik Sekaligus Pusat Kuliner di Bandung

Untuk harganya, cukup bervariasi. Model villa ada yang mulai dari harga 300 ribuan. Kalau menghendaki penginapan seperti hotel, biasanya harganya mulai dari 700 ribu rupiah per malamnya. Tentu harga tersebut sepadan dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan.

6. HTM Kawah Putih

Untuk bisa memasukinya, Anda terlebih dahulu harus membayar tiket Kawah Putih Ciwidey. Harganya bervariasi, tergantung masuk ke kategori apa Anda sebagai pengunjung. Total ada tiga jenis kategori pengunjung, yaitu wisatawan lokal, asing, dan rombongan.

Wisatawan lokal mendapat Harga Tiket Masuk (HTM) sebesar 25 ribu rupiah sementara wisatawan asing mendapatkan HTM senilai 75 ribu rupiah. Jika Anda datang bersama rombongan maka akan dikenai tarif sebesar 150 ribu per mobilnya dan itu belum terhitung HTM per orang.Objek wisata ini beroperasi setiap hari selama 10 jam. Harga tiket masuk tersebut dapat Anda gunakan untuk mengunjungi kawah dari jam buka Kawah Putih mulai pukul 0700-17.00 WIB. HTM tersebut juga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola Kawah Putih Ciwidey.

5 / 5. 1

(Visited 5 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Floating Market Lembang, Wisata Unik Sekaligus Pusat Kuliner di Bandung
Pasar Terapung Lembang

Floating market adalah pasar tradisional yang menjual berbagai jenis bahan makanan dengan lokasi penjualan di atas perahu yang terapung. Anda Read more

Serunya Liburan Keluarga ke Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung

Jika Anda liburan ke Bandung, maka jangan lewatkan kunjungan ke Kebun Binatang Bandung. Wisata edukatif yang patut untuk Anda coba. Read more

Mengenal The Lodge Maribaya, Tempat Wisata Populer di Lembang
The Lodge Maribaya

Sebagai kota wisata, Bandung tentu saja menawarkan banyak destinasi pilihan dengan keunikan tersendiri. Salah satu wisata di Bandung yang tak Read more

Liburan ke Curug Maribaya: Fasilitas dan HTM Terbaru
Curug Maribaya Bandung

Curug Maribaya adalah salah satu surga tersembunyi yang menawarkan pesona alam begitu lengkap. Mulai dari air terjun, pemandian air panas, Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: