Air Terjun Benang Kelambu, Spot Pemandian Dewi Gunung Rinjani

Lombok tidak hanya menawarkan wisata pantai yang indah. Terdapat sebuah gunung yang menjadi pusat pendakian terkena di pulau ini. Di kaki Gunung Rinjani tersebut, terdapat sebuah air terjun yang sangat cantik, bernama Air Terjun Benang Kelambu.

air terjun benang kelambu

Banyak wisatawan memanfaatkan waktunya untuk berenang dan melakukan sesi fotografi di tempat ini. Jadi tidak heran banyak turis mancanegara yang juga ingin merasakan sensasi kesegaran mata air asli. Berikut ulasan singkat terkait wisata air terjun yang memiliki keindahan tiada duanya ini.

Sejarah Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun ini memiliki aliran air yang menyebar sehingga menghasilkan banyak titik jatuh air. Titik-titik inilah yang menghasilkan deretan air yang turun seperti kelambu, ditambah dengan aliran air yang tidak deras, mirip seperti benang. Alhasil jadilah nama Benang Kelambu.

Seperti air terjun kebanyakan, Air Terjun Benang Kelambu Lombok Tengah ini memiliki mitos-mitos yang terkenal. Mitos yang beredar adalah bahwa jika meminum air langsung dari sini akan memberikan khasiat awet muda, keselamatan, dan membawa berkah.

Legenda mengatakan bahwa air terjun ini adalah salah satu tempat pemandian Dewi Anjani, makhluk gaib penjaga Gunung Rinjani. Dewi Anjani akan berkunjung ke tempat ini pada waktu tertentu, untuk membasuh rambut dan tubuhnya.

Wisata Benang Kelambu

Wisata Kelambu atau air terjun eksotis, tidak hanya menawarkan air terjun yang indah, namun keindahan alam yang menyelimutinya patut diperhitungkan. Tidak heran bila UNESCO menobatkan air terjun ini sebagai Taman Bumi Dunia.

Selain keindahan air terjun ini, keasrian alam sungguh terjaga. Masyarakat sekitar membantu melestarikan dan merawat keutuhan air terjun. Beberapa fasilitas penampungan air dibuat sedemikian rupa di bawah air terjun untuk menambah daya tarik wisatawan.

Anda akan menyaksikan aliran air yang keluar seakan-akan dari tumbuhan yang ada di atas. Hal tersebut menambah keeksotisan air terjun ini. Jika Anda haus, Anda dapat langsung meminum air yang ada di sana, karena aliran air tersebut berasal dari mata air langsung.

Baca Juga  Liburan ke Curug Maribaya: Fasilitas dan HTM Terbaru

Untuk menikmati keindahan air terjun, Anda dapat beristirahat di bebatuan sebelah air terjun. Batuan yang tersusun secara alami di sekitar air terjun ini juga bisa menjadi salah satu spot berfoto yang menarik. Akan sayang dilewatkan jika Anda tidak mengabadikan momen di air terjun ini.

Lokasi Air Terjun Benang Kelambu berada di Geopark Pendakian Rinjani, Aik Berik, Kec. Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. 83552. Kawasan ini berada di jalur pendakian sisi selatan Gunung Rinjani. Dikelilingi oleh banyak air terjun cantik di kawasan ini.

Fasilitas

Air terjun ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIT, dimana Anda dapat mengakses lokasi air terjun yang cantik ini. Tiket masuk Air Terjun Benang Kelambu adalah Rp5.000 untuk warga lokal dan Rp10.000 untuk warga luar Lombok. 

Tempat wisata ini juga memiliki tempat parkir dengan biaya yang sangat terjangkau. Jika Anda membawa kendaraan roda dua, Anda cukup membayar Rp2.000 saja. Untuk kendaraan roda empat, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp10.000.

Anda bisa memarkirkan kendaraan di pos pemberhentian, untuk memangkas waktu tempuh menuju air terjun. Untuk mobil, Anda bisa menempatkannya di area pintu masuk kawasan wisata. Hati-hati terhadap parkir liar, karena biaya akan berbeda jauh dan biasanya Anda akan ditawarkan tiket masuk yang mahal.

Sesampainya di loket, Anda akan ditanya mengunjungi air terjun yang mana, menggunakan pemandu atau tidak, berjalan kaki atau dengan ojek. Tentukan untuk kebutuhan bersama kelompok Anda. Fasilitas lain yang tersedia adalah toilet, gazebo, warung makan, tempat berteduh, gazebo, kamar ganti, dll.

Akses Menuju Benang Kelambu

Untuk menuju air terjun atau Curug Benang Kelambu, Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara. Air terjun indah ini memiliki keindahan jalur yang tidak kalah cantik, sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk sampai ke tujuan.

Baca Juga  10 Rekomendasi Wisata Baturraden yang Wajib Anda Kunjungi

Google Maps: https://goo.gl/maps/yKfFkQ6bRbop9e4Z9

  1. Trekking

Menyusuri jalan ke Air Terjun Benang Kelambu adalah hal yang menarik. Jalur trek yang membelah hutan sudah dipersiapkan oleh warga sekitar untuk mempermudah pengunjung yang ingin berwisata ke sini. Beberapa jalur juga sudah menggunakan tangga beton untuk mengurangi resiko kecelakaan.

Anda dapat memulainya dari pintu masuk dengan total waktu sekitar 30 menit. Setelah membeli tiket, Anda dapat menyusuri jalan setapak selebar 2 meter yang ada di sana. Sepanjang jalur, Anda akan disambut oleh kawanan monyet yang menuntun Anda menuju air terjun.

Jika Anda sudah merasakan udara sejuk dan dingin, serta rintik-rintik air seperti gerimis, maka Anda hampir sampai. Anda juga dapat menggunakan jasa guide untuk membantu menentukan jalan. Jasa guide ini ditawarkan saat di loket masuk dengan biaya Rp90.000/kelompok berisi 1-7 orang.

  1. Jasa Ojek

Untuk menggunakan jasa ojek, Anda akan ditawarkan saat membeli tiket masuk. Anda harus merogoh kocek sebesar Rp35.000/motor untuk bisa diantarkan menuju dekat air terjun. Setelah itu, Anda tetap harus berjalan kaki sekitar beberapa menit saja.

Jasa ojek diperuntukkan untuk Anda yang tidak kuat berjalan jauh dan menyusuri trek yang lumayan menguras tenaga. Jasa ojek ini juga akan memangkas waktu perjalanan Anda, sehingga Anda hanya akan menghabiskan waktu 10 menit saja.

Wisata Sekitar Air Terjun

Selain Air Terjun Benang Kelambu, kawasan Geopark Rinjani memiliki objek wisata lain yang memiliki keindahan tersendiri. Berikut beberapa objek wisata yang ada di sekitar air terjun kelambu. 

  1. Air Terjun Benang Stokel

Air terjun yang tidak begitu lebar ini mirip dengan Benang Kelambu. Banyaknya tumbuhan yang menyelimuti air terjun menghasilkan keindahan tersendiri. Terdapat dua sumber aliran air di sini dan nampak seperti gulungan benang, atau sering disebut benang stokel.

  1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3700 m di atas permukaan laut, memiliki keindahan yang luar biasa. Di puncaknya, Anda dapat menatap seisi pulau Lombok dengan pemandangan alam yang terjaga. Jalur pendakian yang menantang juga mampu menjadi daya tarik pendaki internasional.

  1. Air Terjun Batu Jenggot
Baca Juga  Pesona Air Terjun Madakaripura dengan Keindahan Mendunia

Berada di timur kawasan Benang Kelambu, air terjun kecil ini memiliki keindahan tersendiri. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk, karena gratis. Anda dapat merasakan kesegaran air yang alami dengan keindahan lembah berwarna kehijauan di sisi air terjun.

  1. Air Terjun Air Berik

Di dekat pintu masuk Geopark Rinjani, Anda akan disuguhkan pemandangan sebuah air terjun bernama Air Berik. Air terjun sederhana ini dapat menjadi obat dahaga Anda selepas perjalanan menuju Benang Kelambu atau sebaliknya. Air terjun ini patut untuk Anda singgahi walau sebentar.Air Terjun Benang Kelambu memang menawarkan keindahan yang tiada tara, sehingga para pengunjung juga harus berkontribusi untuk menjaga keasriannya. Setelah melihat ulasan tersebut, apa Anda sudah memiliki rencana untuk mengunjunginya? Jangan lupa untuk tetap menaati peraturan yang berlaku.

5 / 5. 1

(Visited 2 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Pesona Air Terjun Coban Pelangi yang Kaya Akan Daya Tarik
air terjun coban pelangi

Saat hari liburan selanjutnya, kira-kira Anda mau bertamasya ke objek wisata apa? Jika sedang berada atau berencana ingin pergi ke Read more

Melihat Keindahan Air Terjun Sri Gethuk dari Dekat
air terjun sri gethuk

Objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Berbagai macam tempat wisata alam, kuliner, hingga sejarah, hadir di Read more

Air Terjun Luhur, Wisata Adem untuk Liburan Keluarga
air terjun luhur

Saat musim liburan tiba, melepas penat dari kesibukan pasti masuk dalam daftar penting yang ingin diwujudkan. Pilihan terbaik adalah berlibur Read more

Mengenal Umbul Manten, Wisata Alam Penuh Misteri di Klaten
Umbul Manten Klaten

Setelah lelah beraktivitas setiap hari, Anda tentu membutuhkan istirahat sejenak. Untuk mengembalikan energi dan pikiran, Anda bisa mengunjungi wisata alam Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: