Air Terjun Cibareubeuy, Wisata Air Terjun Hitz di Subang

Subang memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang menyuguhkan pemandangan indah dan udara sejuk. Salah satu wisata Subang yang kini cukup populer yaitu air terjun Cibareubeuy karena memiliki bentuk yang indah dan eksotis. Penasaran seperti apa? Simak selengkapnya disini. Wisata ini menjadi salah satu alternatif wisata alam lainnya di Jawa Barat seperti Kampung Singkur Pengalenganwisata Situ PatenggangAir Terjun Cikanteh dan masih banyak lagi.

Curug Cibareubeuy

Bagi masyarakat Subang, curug atau air terjun Cibareubeuy tentu sudah tidak asing lagi. Tempat wisata ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat musim liburan tiba. 

Curug Cibareubeuy

Air curug ini mengalir di tebing Gunung Karamat, yang tingginya mencapai 40 meter. Air terjun ini memiliki bentuk zig-zag dan telaga jatuhan air yang menambah keindahan objek wisata ini. Para pengunjung dapat berenang sepuasnya di telaga tersebut.

Selain menjadi tempat wisata, tempat ini juga populer untuk dijadikan spot selfie yang hits dan kekinian. Terdapat hammock dan deckay yang menjadi tempat selfie favorit anak muda.

Curug Cibareubeuy memiliki mitos bahwa jika mandi di tempat ini, dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Terlepas dari itu, air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter ini dikelilingi banyak tumbuhan yang rindang membuat udara di tempat ini menjadi lebih asri. 

Jalan Menuju Curug Cibareubeuy

Untuk dapat sampai ke lokasi objek wisata ini, pengunjung tidak dapat menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan hanya sampai di tempat parkir saja. Para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar satu jam setengah dengan jarak 2 km dari desa Cibeusi.

Google Maps: https://goo.gl/maps/djTJgM8GYi7hFmXs9

Terdapat dua rute untuk bisa sampai ke curug ini. Pertama adalah rute gunung yang hanya diperbolehkan untuk para pendaki yang berpengalaman.

Rute kedua terbuka untuk umum, yaitu pengunjung dapat melewati jalan setapak yang memanjakan mata karena menyuguhkan pemandangan yang indah nan sejuk. Tidak perlu khawatir kelelahan, Anda dapat beristirahat di kios-kios yang sudah disediakan. 

Baca Juga  Air Terjun Kanto Lampo, Wisata Alam yang Mempesona

Lokasi Curug Cibareubeuy

Objek wisata Curug Cibareubeuy terletak di Dusun Nagrak, Desa Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dikelilingi pedesaan yang masih asri, wisatawan akan disuguhi pemandangan hamparan sawah dan sungai yang jernih membuat suasana semakin tambah asri.

Jika Anda merupakan wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, silahkan menuju arah Ciater, lalu menuju arah wisata Sari Ater. Ikuti jalan hingga menuju pertigaan, kemudian belok kanan menuju desa Cibeusi.

Harga Tiket Masuk 

Harga tiket masuk curug ini sangat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat, yaitu hanya Rp 10.000 saja Anda sudah dapat menikmati keindahan curug yang berada di Subang ini.

Sedangkan untuk tiket parkir Anda cukup mengeluarkan uang Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat. 

Jam Buka

Jam operasional Curug Cibareubeuy tidak terbatas alias objek wisata ini dapat dikunjungi setiap hari selama 24 jam. Tempat ini biasanya ramai oleh pengunjung saat akhir pekan tiba. 

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang terdapat di air terjun ini sangat lengkap, mulai dari toilet yang memadai hingga Mushola. Selain itu terdapat juga banyak kios makanan, sehingga Anda tidak akan kelaparan saat berwisata. 

Di sini juga terdapat fasilitas penginapan yang bernama Kampung Senyum, bahkan jika pengunjung ingin berkemah atau menyewa pondok sudah tersedia. 

Kampung Senyum adalah kawasan penginapan yang disediakan untuk pengunjung wisata curug Cibareubeuy. Kawasan penginapan ini dibangun oleh warga desa setempat sebagai tempat istirahat, penginapan sekaligus menjadi ajang pengenalan budaya lokal di sana. 

Kampung Senyum terdiri dari beberapa saung dengan menggunakan ijuk sebagai atapnya. Juga tidak ada tarif jika wisatawan hanya ingin berfoto di tempat ini. Pemilik penginapan menyediakan sego liwet dan mempersilahkan pengunjung belajar tentang budaya Sunda. 

Sedangkan untuk tarif penginapan di Kampung Senyum pengunjung cukup mengeluarkan uang Rp60.000/malam. Harga yang cukup terjangkau dengan fasilitas yang memadai.

Baca Juga  Air Terjun Banyumala, Indah dan Menyegarkan

Curug di Subang

Selain curug Cibareubeuy Subang memiliki banyak sekali curug yang dapat Anda kunjungi. Berikut daftar curug di Subang.

  1. Curug Kaliangkak

Curug Kaliangkak berlokasi di desa Cicadas, Ciater. Subang. Objek wisata ini masih sepi pengunjung, jadi ketika Anda berada di curug Kaliangkak seperti sedang berwisata pribadi.

Selain air terjun, tempat ini juga memiliki kolam dengan air yang sangat jernih dan ditumbuhi tanaman paku.

  1. Curug Cileat

Terletak di Kampung Cibago, desa Mayang Cisalak Subang, curug Cileat merupakan air terjun terbesar dan tertinggi di Subang. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan aliran air yang cukup deras.

  1. Curug Ponggang

Curug Ponggang berada di tempat yang tersembunyi, yaitu di perbatasan antara Purwakarta dan Subang, tepatnya di daerah Serang Panjang Subang.

Masih sepinya pengunjung, tempat ini cocok untuk menyendiri karena memiliki suasana yang tenang. Memiliki arus yang tenang, membuat pengunjung dapat mandi bawah curug ini.

  1. Curug Goa Badak

Curug Goa Badak berlokasi di kawasan Capolaga Adventure Camp. Dinamakan Goa Badak karena di dalamnya terdapat gua yang lumayan besar.

Memiliki ketinggian mencapai 8 meter, tempat ini juga terdapat kolam yang dapat Anda gunakan untuk berenang.

  1. Curug Mandala

Curug Mandala menjadi salah satu andalan masyarakat Subang sebagai tempat destinasi. Berlokasi Sagalaherang yang tak jauh dari kota Subang, wisata ini tak pernah sepi oleh pengunjung.

Memiliki bentuk yang bertingkat ditambah pemandangan yang masih sangat asri, menambah daya tarik dan keunikan curug Mandala.

  1. Curug Cijalu

Curug Cijalu merupakan salah satu air terjun yang sangat indah di Subang. Meski wisatawan harus berjalan dengan jarak tempuh 1 km, tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Curug Cijalu berlokasi di desa Cipancar, Kecamatan Sagalaherang, Subang.

  1. Curug Pandawa Lima

Berlokasi tak jauh dari curug Cibareubeuy, curug Pandawa memiliki udara yang sangat sejuk. Pengunjung dapat mengunjungi dua air terjun ini sekaligus karena masih berada satu jalur. Lokasinya berada di Nagrak, kecamatan Ciater, Subang.

  1. Curug Biru
Baca Juga  Situ Patenggang, Wisata Alam Jawa Barat dengan Legenda Romantis

Disebut curug Biru karena air terjun ini mempunyai air yang sangat jernih dan berwarna biru. Warna biru dihasilkan dari pantulan baru yang terdapat di sekitar curug. Curug biru yang indah ini terletak di Nagrak, kecamatan Ciater, Subang.

Wisata di Subang

Selain wisata curug yang banyak, Subang juga memiliki beberapa tempat wisata yang sayang jika dilewatkan. Berikut daftar tempat wisata di Subang yang dapat Anda kunjungi

  • Gunung Tangkuban Perahu
  • Planet Waterboom
  • Paralayang Santiong
  • Lembah Gunung Kujang
  • Masjid Agung Subang
  • Pantai Pondok Bali
  • Pantai Plentong
  • Penangkaran Buaya Blanakan
  • Rumah Sejarah Kalijati
  • Mata Air Cimincul
  • Kolam Renang Tirta Citapen
  • Ciater Spa dan Highland Resort

Subang merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata yang indah, terutama wisata alam curug. Air Terjun Cibareubeuy tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Subang. 

Dengan cukup merogoh kocek Rp 10.000 untuk tiket masuk, pengunjung sudah mendapatkan berbagai fasilitas di tempat ini, seperti mushola, toilet dan gerai makanan. Apakah Anda tertarik?

5 / 5. 1

(Visited 4 times, 2 visits today)
Artikel Terkait
Air Terjun Luhur, Wisata Adem untuk Liburan Keluarga
air terjun luhur

Saat musim liburan tiba, melepas penat dari kesibukan pasti masuk dalam daftar penting yang ingin diwujudkan. Pilihan terbaik adalah berlibur Read more

Air Terjun Cikanteh, Surganya Dunia
Air Terjun Cikanteh

Pernahkah Anda berkunjung ke Sukabumi? Jika iya, mungkin Anda pernah mendengar air terjun Cikanteh. Air terjun ini juga disebut sebagai Read more

Serunya Liburan Keluarga ke Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung

Jika Anda liburan ke Bandung, maka jangan lewatkan kunjungan ke Kebun Binatang Bandung. Wisata edukatif yang patut untuk Anda coba. Read more

Mengenal The Lodge Maribaya, Tempat Wisata Populer di Lembang
The Lodge Maribaya

Sebagai kota wisata, Bandung tentu saja menawarkan banyak destinasi pilihan dengan keunikan tersendiri. Salah satu wisata di Bandung yang tak Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: