Air Terjun Cikanteh, Surganya Dunia

Pernahkah Anda berkunjung ke Sukabumi? Jika iya, mungkin Anda pernah mendengar air terjun Cikanteh. Air terjun ini juga disebut sebagai curug Cikanteh Sukabumi dengan suguhan keindahan alam yang memesona. Curug Cikanteh memiliki tiga tingkatan air terjun dengan keunikan masing-masing yang sama-sama memberikan keasrian alam yang masih sangat alami. Wisata ini menjadi salah satu alternatif wisata alam lainnya di Jawa Barat seperti Kampung Singkur Pengalenganwisata Situ PatenggangKebun Binatang Bandung, dan masih banyak lagi.

Air Terjun Cikanteh

Suguhan 3 tingkatan curugnya yakni Curug Cikanteh, Curug Ngelai, dan paling bawah Curug Sodong, akan semakin membuat Anda tertarik untuk berkunjung dan menyaksikan air terjun bertingkat ini dalam satu lokasi. Sudah terbayang indahnya bukan?

Asal Usul Curug Cikanteh

Bagi penggemar wisata alam, tentu saja sudah tidak asing dengan keindahan air terjun di Cikanteh ini. Anda akan berpetualang dan eksplor alam sekitar dengan melakukan perjalanan ini.

Setiap daerah terutama tempat-tempat wisata tentu memiliki sejarah yang berbeda. Asal usul diberikannya nama ini, karena asalnya dari nama sungai. Dengan ketinggian air terjun sekitar 60 meter, air yang mengalir berasal dari sumber sungai Cikanteh. Itulah mengapa, air terjun ini disebut Cikanteh. 

Misteri curug Cikanteh sendiri memiliki kata dasar Kanteh dengan arti benang yang digunakan bertenun. Hal ini dikarenakan di bawah air terjun ada banyak batu-batuan yang menyerupai kolam dan ketika air jatuh meluber akan tampak seperti kumpulan serat yang berasal dari pintalan benang kapas pada tenunan kain.

Air terjun ini dikelilingi oleh lebatnya pepohonan hijau dengan suara gemuruh dari air yang jatuh. Menjadi salah satu tempat wisata populer di Sukabumi, curug ini memiliki fasilitas yang masih sangat minim. Akses jalan yang sulit mungkin juga menjadi hambatan untuk membangun fasilitas pendukung wisata lainnya. Namun dari segi keindahan, curug ini memang berbeda dari air terjun yang lainnya.

Tiket Masuk Curug Cikanteh

Bagi Anda yang ingin berlibur dengan menyenangkan namun biaya terjangkau, memilih wisata alam memang jadi solusinya. Untuk tiket masuk Anda ke air terjun bertingkat ini, Anda hanya dikenai biaya sebesar Rp10.000 setiap orangnya dengan tambahan untuk parkir roda dua Rp5.000 dan roda empat Rp10.000 untuk setiap mobil. 

Baca Juga  Air Terjun Sikulikap, Surga Duniawi di Dataran Tinggi Sumatera Utara

Keindahan Air Terjun Cikanteh

Air terjun yang cantik ini berada di daerah Curug Cikanteh Geopark Ciletuh, Sukabumi. Daya tarik yang ia miliki memang sangat banyak dan sudah terkenal di kalangan petualang alam. Apa saja keindahannya? Berikut ulasannya.

  1. Letak Tersembunyi

Air terjun biasanya memang letaknya tersembunyi dengan medan perjalanan yang tidak mudah. Demikian juga air terjun ini, letaknya tersembunyi di dalam hutan hujan tropis yang cukup lebat namun sejuk. Dalam perjalanannya, Anda harus sedikit menanjak ke bukit dan melalui hutan yang apabila tidak ada sinar matahari akan benar-benar gelap. 

Anda juga harus berhati-hati karena semak-semak yang lebat akan menemani perjalanan Anda. Anda juga akan menyeberangi sungai untuk sampai ke Cikanteh. Namun letaknya yang tersembunyi ini justru semakin membuat wisatawan penasaran dan tertarik untuk eksplor. 

  1. Tiga Tingkatan Curug

Tiga tingkatan air terjun ini dapat dilihat dalam satu lokasi dan terlihat sangat megah dan tinggi. Air yang ada juga sangat jernih karena berasal dari sumber asli. Air terjun Cikanteh juga memiliki lebar dan bentuknya yang bertingkat menyerupai tangga. 

Air yang terjatuh dari atas seperti saat Anda melihat air jatuh dari wahana air terjun di taman bermain air. Disini, Anda juga bisa berenang dan bermain air yang sejuk dan jernih. 

  1. Eksotis

Keeksotisan Curug Cikanteh dimana formasi geologinya begitu menakjubkan, membuat air terjun ini begitu sangat cantik dan spektakuler. Suasana alami yang diberikan akan membuat Anda tenang dan bersantai. Anda seolah bisa mendengarkan suara alam yang membuat Anda menjadi betah untuk berada lama di kawasan air terjun ini.

  1. Bermain Air

Disini, Anda juga bisa bermain air di limpahan air yang terjatuh dari atas. Dibagian bawah aka nada sebuah kolam kecil bebatuan yang bisa digunakan untuk bermain. Air yang jatuh dari atas akan menggenangi kolam tersebut sehingga air akan terasa sejuk dan menyegarkan. 

Baca Juga  Pemandian Air Panas Guci Tiket Masuk dan Fasilitas

Namun hindari untuk bermain air saat musim hujan karena air bisa jadi membesar dan membahayakan. Berkunjunglah saat musim kemarau agar sensasi kesejukan bisa lebih terasa di tubuh.

  1. Spot Foto

Foto di alam memang estetik dan juga unik. Di air terjun ini, Anda bisa melakukan sesi pemotretan untuk album kenangan, foto pernikahan, dan juga foto-foto kebersamaan keluarga lainnya. Dengan banyaknya spot alam yang ada, Anda bisa memilih spot mana yang ingin diabadikan. Spot-spot yang ada tentu saja sangat Instagram-able. 

Selain itu, di sekitar daerah air terjun ini juga ada banyak penginapan yang bisa Anda sewa sembari merasakan suasana alam pedesaan untuk lebih lama.  

Lokasi Curug Cikanteh

Air terjun menakjubkan ini tepatnya berada di Dusun Cikanteh di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Lokasi air terjun bertingkat ini berada di kawasan pedesaan yang masih asri dengan rute perjalanan khas pedesaan. Pemandangan yang disuguhkan di sepanjang rute adalah bentangan sawah dan juga hutan yang cukup lebat.

Google Maps: https://goo.gl/maps/wa2S2byJPpE3SZum9

Untuk menuju kawasan air terjun tiga tingkatan ini, Anda bisa menggunakan transportasi roda dua maupun empat dengan keadaan jalan yang cukup sulit-sulit mudah namun sudah lebih baik dari sebelum-sebelumnya walaupun tetap masih banyak ditemui lubang-lubang kerusakan jalanan yang cukup membahayakan pengendara. 

Anda bisa menggunakan rute dari Jakarta atau Bandung dan langsung dilanjutkan ke arah Sukabumi. Setelah sampai di Sukabumi, Anda bisa mengambil ke arah Kecamatan Ciemas dan diteruskan ke Desa Ciwaru, tempat lokasi air terjun Cikanteh. 

Dengan waktu tempuh berkisar 3 jam dan dari Ciemas ke Ciwaru sekitar 1 jam perjalanan. Keadaan jalan sudah beraspal walaupun cukup sempit untuk dilalui dua kendaraan. 

Untuk menuju Air terjun Cikanteh, Anda harus melewati hutan, sungai, semak-semak, jalan pedesaan, dan juga jembatan dari bambu yang cukup menegangkan saat dilewati. Oleh karenanya, jika memang Anda belum mahir dalam berkendara pada medan yang sulit, sebaiknya Anda menggunakan jasa trekking yang tersedia. 

Baca Juga  Pesona Air Terjun Madakaripura dengan Keindahan Mendunia

Tips Berlibur ke Air Terjun

Layaknya tempat wisata lainnya, sebelum berkunjung ke sana ada baiknya Anda memperhatikan sejumlah tips berlibur. Berikut 5 tips berkunjung ke air terjun yang indah ini.

  1. Ketahui dulu akses jalan sehingga Anda bisa mempersiapkan diri apa saja yang harus dibawa.
  2. Siapkan tubuh agar tetap sehat dan bugar karena perjalanan yang panjang akan membutuhkan banyak tenaga.
  3. Berhati-hati saat menyusuri jalan karena ada banyak bagian yang licin oleh lumut dan air. 
  4. Jaga kebersihan dimanapun Anda berada dan bawa kembali sampah yang Anda miliki.
  5. Patuhi peraturan tempat wisata yang ada. Eksplor alam memang menyenangkan, namun keselamatan Anda lah yang lebih utama.

Air terjun Cikanteh adalah panorama asli dan alami dari sisi Pulau Jawa yang masih sangat khas dengan suasana pedesaannya. Air terjun ini, membuat Anda akan semakin betah berlama-lama, karena suguhan pemandangannya bak surga dunia.

5 / 5. 1

(Visited 6 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Air Terjun Luhur, Wisata Adem untuk Liburan Keluarga
air terjun luhur

Saat musim liburan tiba, melepas penat dari kesibukan pasti masuk dalam daftar penting yang ingin diwujudkan. Pilihan terbaik adalah berlibur Read more

Serunya Liburan Keluarga ke Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung

Jika Anda liburan ke Bandung, maka jangan lewatkan kunjungan ke Kebun Binatang Bandung. Wisata edukatif yang patut untuk Anda coba. Read more

Mengenal The Lodge Maribaya, Tempat Wisata Populer di Lembang
The Lodge Maribaya

Sebagai kota wisata, Bandung tentu saja menawarkan banyak destinasi pilihan dengan keunikan tersendiri. Salah satu wisata di Bandung yang tak Read more

Situ Patenggang, Wisata Alam Jawa Barat dengan Legenda Romantis
Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Situ Patenggang merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Danau yang memiliki Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: