Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Wisata Eksotis di Tengah Hutan

Wisata alam akan selalu jadi pilihan terbaik untuk tujuan refreshing dan mendapatkan ketenangan. Bagi Anda yang mengunjungi Sumatera Utara, Air Terjun Dua Warna Sibolangit bisa jadi salah satu destinasi wisata alam yang dapat dipilih. Air terjun ini merupakan alternatif wisata air terjun di Sumatera Utara seperti air terjun Sikulikap.

air terjun dua warna sibolangit

Ada banyak daya tarik dan keunikan dari tempat wisata ini. Simak berikut beberapa daya tarik yang bisa Anda temukan di wisata alam ini.

Dimana Lokasi Air Terjun Dua Warna Sibolangit?

Lokasi Air Terjun Dua Warna Sibolangit berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Lokasi tepatnya di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit. Air Terjun ini banyak menarik wisatawan lantaran keunikan yang dimiliki. Dengan dua warna air yang berbeda menjadikan air terjun ini lebih eksotis.

Air terjun ini berada di kaki Gunung Sibayak, di ketinggian 1270 meter dpl. Anda harus melewati kawasan hutan dalam perjalanan ke Air Terjun Dua Warna Sibolangit ini. Namun usaha ini akan membawa kepuasan dengan panorama indah dan kesejukan yang didapatkan di sekitar danau.

Daya Tarik Air Terjun Sibolangit

Ada beberapa daya tarik yang membuat air terjun di wilayah Sumatera Utara ini jadi salah satu destinasi wisata favorit. Berikut beberapa bagian menarik dari air terjun Sibolangit.

  1. Hutan Tropis

Lokasi Air Terjun Dua Warna Sibolangit ini berada di tengah hutan tropis, jadi untuk menuju lokasi Anda harus melalui areal hutan ini. Meski hutan hujan ini cukup lebat, namun terawat bagus dan dapat dilalui oleh wisatawan dengan mudah. 

Perjalanan melewati hutan tropis ini cukup memacu adrenalin. Tentunya ini akan jadi petualangan tersendiri. Selain itu juga akan menambah pengalaman menyenangkan selama berwisata di lokasi ini.

  1. Dua Warna 

Daya tarik utama air terjun ini adalah keunikan airnya yang memiliki dua warna. Air terjun ini terlihat elok dengan perpaduan dua warna. Genangan air kolam di bawah pancuran air terjun dua warna Sibolangit memiliki warna putih keabuan. Dan pancuran air yang mengalir deras dari atas berwarna biru muda.

  1. Suhu Air 
Baca Juga  Pesona Indahnya Pantai Klayar, Inspirasi Lagu Ambyar Didi Kempot

Bukan hanya warnanya, suhu air juga berbeda. Air kolam yang berwarna putih keabuan ini memiliki suhu hangat. Pengunjung bisa berendam menyejukan diri setelah menempuh perjalanan menuju lokasi di kolam ini. Sedangkan air terjun yang berwarna biru ini cenderung bersuhu dingin.

  1. Mitos 

Air terjun Sibolangit ini dipercaya memiliki kekuatan magis yang membawa keberuntungan. Banyak juga pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini untuk melakukan ritual agar mendapat berkah dan keberuntungan. Keyakinan inilah yang membawa cerita mistis Air Terjun Dua Warna Sibolangit.

Air terjun ini sendiri sebenarnya terbentuk bermula dari letusan gunung Sibayak yang terjadi ratusan tahun sebelumnya. Sumber air yang mengaliri air terjun juga berasal dari gunung ini. Pada bagian air terjun yang berwarna biru memiliki zat sulfur. Jadi sebaiknya wisatawan tidak meminum air ini.

Aktivitas Menarik

Air Terjun Dua Warna Sibolangit banyak dikunjungi karena keindahan panoramanya. Ada beberapa aktivitas yang bisa dipilih saat berwisata di sini. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan selama di air terjun ini.

  1. Berkemah

Terdapat tempat perkemahan yang ada di pintu masuk ke lokasi air terjun. Anda bisa datang bersama sekelompok teman atau keluarga,lalu bermalam dengan berkemah di lokasi ini. Dengan cara ini kunjungan wisata akan lebih terasa seperti petualangan di alam bebas.

  1. Hiking

Kegiatan hiking di hutan merupakan salah satu wisata petualangan yang bisa dilakukan di destinasi wisata Sibolangit. Anda bisa memulai perjalanan dari perkemahan dengan berjalan kaki. Kegiatan hiking ke lokasi air terjun ini akan melewati hutan tropis dengan pepohonan hijau yang menyegarkan.

Meski melalui hutan lebat, ada banyak petunjuk yang disediakan untuk pengunjung. Perjalanan dengan jalan kaki ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga sampai ke lokasi air terjun. Kelelahan berjalan kaki ini akan terbayar dengan pemandangan indah dari air terjun dua warna.

  1. Menikmati Pemandangan Alam
Baca Juga  Mengenal Umbul Manten, Wisata Alam Penuh Misteri di Klaten

Letak air terjun yang ada di kaki gunung memberikan berbagai pemandangan yang menakjubkan untuk dinikmati. Dalam perjalanan menuju lokasi, Anda bisa menikmati berbagai panorama indah yang akan menyejukan hati.

  1. Spot Foto Instagramable

Bagi Anda yang gemar hunting spot foto menarik, ada banyak pilihan background yang bisa digunakan untuk berfoto. Bebatuan di dekat air terjun akan memberikan setting menarik. Air terjun yang berwarna biru juga bisa jadi background foto yang instagramable. 

Hutan tropis yang eksotis dalam perjalanan menuju lokasi juga bisa jadi latar alam bebas yang elok. Ada banyak pilihan lokasi foto menarik yang bisa dibagikan di media sosial. 

Rute Menuju Air Terjun Sibolangit

Lokasi wisata Curug Dua Warna Sibolangit ini cukup jauh dari pusat kota Medan. Jarak dari ibu kota Sumatera Utara ini ke lokasi kurang lebihnya 75 km. Jika ditempuh dengan kendaraan, perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Pilihan transportasi yang digunakan antara lain:

  1. Bus Umum

Anda bisa menggunakan kendaraan umum dari Medan dengan menumpang bus jurusan Kabanjahe. Bus ini akan mengantarkan Anda ke lokasi Perkemahan Sibolangit yang berada di Kabupaten Karo.

  1. Rental Mobil

Bagi pengunjung luar kota, ada baiknya menggunakan jasa rental mobil atau travel yang bisa mengantarkan ke lokasi wisata ini. Mengingat jalan menuju Air Terjun Dua Warna yang harus melewati hutan, sebaiknya Anda juga menyewa travel guide yang sudah paham dengan rute dan lokasinya.

  1. Kendaraan Pribadi

Jika Anda tinggal di Medan dan sekitarnya, perjalanan ke air terjun Sibolangit ini akan lebih nyaman ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi. 

Tiket Masuk 

Tiket masuk Air Terjun Dua Warna Sibolangit cukup terjangkau. Pengunjung dikenakan biaya masuk lokasi wisata sekitar Rp. 25.000 per orang. Bagi yang ingin menyewa pemandu, biayanya sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000. Tarif ini juga tergantung dari jumlah rombongan.

Jam Operasional

Lokasi wisata Air Terjun Dua Warna ini dibuka pada pukul 07:00 dan tutup pada pukul 17:00. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik dan kenyamanan berkunjung, sebaiknya Anda berangkat lebih pagi. 

Baca Juga  Tertinggi di Indonesia, Kenali Pesona Air Terjun Sipiso Piso!

Dan untuk perjalanan kembali dari air terjun, disarankan sebelum sore hari. Dengan jalur kembali juga melalui hutan yang sama, memang akan lebih aman dan nyaman menempuh perjalanan pada siang hari.

Penginapan di Sekitar Air Terjun Sibolangit

Penginapan terdekat dari air terjun ini sekitar 1 sampai 2 jam dari lokasi. Jika Anda berencana berangkat lebih pagi ke air terjun, alternative tempat menginap adalah mendirikan tenda di lokasi bumi perkemahan Sibolangit.

Tips Kunjungan 

Lokasi Air Terjun Dua Warna Sibolangit tidak dilengkapi dengan fasilitas yang memadai karena berada di tengah hutan. Bagi yang berencana untuk berlibur di lokasi ini, sebaiknya persiapkan berbagai perbekalan yang dibutuhkan.

Bawa makanan dan minuman secukupnya sebagai bekal perjalanan melewati hutan. Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Bawa serta obat-obatan yang mungkin dibutuhkan. Demi keamanan, sebaiknya hindari berkunjung ke wisata air terjun di saat musim hujan.

5 / 5. 1

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Liburan ke Hairos Waterpark: Daya Tarik dan HTM Terbaru
Hairos Waterpark Medan

Ingin merasakan sensasi bermain wahana kolam renang di tengah alam pedesaan? Memangnya ada? Datang saja ke Hairos WaterPark, sebuah taman Read more

Air Terjun Benang Kelambu, Spot Pemandian Dewi Gunung Rinjani
wisata air terjun benang kelambu

Lombok tidak hanya menawarkan wisata pantai yang indah. Terdapat sebuah gunung yang menjadi pusat pendakian terkena di pulau ini. Di Read more

Melihat Keindahan Air Terjun Sri Gethuk dari Dekat
air terjun sri gethuk

Objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Berbagai macam tempat wisata alam, kuliner, hingga sejarah, hadir di Read more

Air Terjun Luhur, Wisata Adem untuk Liburan Keluarga
air terjun luhur

Saat musim liburan tiba, melepas penat dari kesibukan pasti masuk dalam daftar penting yang ingin diwujudkan. Pilihan terbaik adalah berlibur Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: