Air Terjun Kanto Lampo, Wisata Alam yang Mempesona

Bali bukan hanya unggul soal pantai-pantai indah saja, tetapi pulau ini juga memiliki destinasi wisata alam mempesona lainnya yaitu berupa air terjun. Salah satu air terjun di pulau tersebut ialah Air Terjun Kanto Lampo. Wisata ini bisa jadi salah satu wisata alternatif di Bali selain Pantai PandawaTaman Nasional Bali BaratPantai Double Six, dan masih banyak lagi.

Sekilas Tentang Air Terjun Kanto Lampo 

Air Terjun Kanto Lampo

Air terjun terkenal ini memiliki bentuk air terjun yang berundak-undak sehingga membuatnya kian menarik. Karena Air Terjun Kanto Lampo terletak di dataran rendah, sehingga akses untuk mendatangi lokasi ini tidak terlalu sulit.

Adapun asal nama Kanto Lampo dilandasi oleh keberadaan tanaman yang hidup di area sekitar sungai. Pohon Kanto Lampo memiliki buah yang senantiasa berubah warna, saat awal pertumbuhan berwarna hijau, lalu menjadi warna kuning, dan apabila telah matang akan menjadi warna merah.

Terciptanya air terjun ini akibat luapan air dari pusara tanah yang terbendung, sehingga air tanah itu dipakai untuk kanal pengairan.

Selain itu, letak air terjun ini juga diyakini sebagai tempat suci oleh komunitas adat. Lantaran dianggap sebagai tempat suci guna upacara Pitra Yadnya atau Dewa Yadnya.

Di tempat ini juga ada goa yang terletak di seberang sungai yang kabarnya pernah dipakai sebagai ruang rahasia prajurit belanda untuk merencanakan strategi.

Lokasi Air Terjun Kanto Lampo

Tempat air terjun yang dikenal memiliki nama lain Waterfall Kanto Lampo ini terletak di Jalan Kaliasem Kld. Kangin, Kecamatan Gianyar. Dengan sedikit menuruni sekitar 500 anak tangga, pengunjung bisa menikmati pemandangan serta keindahan air terjun dan juga bebatuan.

Apabila diperhatikan lebih saksama, posisi jatuhnya air tidak langsung tepat jatuh ke bawah ke sungai yang berada dibawahnya. Melainkan, posisi air terjun ini terkesan agak miring. Pastikan untuk selalu tetap waspada serta hati-hati, lantaran batuannya berlumut dan cenderung licin.

Rute Menuju Kanto Lampo

Cara menuju Air Terjun Kanto Lampo apabila Anda berjalan dari area Denpasar, perlu melintasi jarak kurang lebih sekitar 30 km.

Baca Juga  Terkenal akan Mitos Nyi Roro Kidul, Simak Keindahan Pantai Santolo!

Google Maps: https://g.page/kanto-lampo-waterfall?share

Bagi wisatawan lokal maupun asing, Anda bisa menyewa kendaraan bermobil dan bermotor untuk dapat pergi ke tempat lokasi wisata air terjun yang cukup terkenal ini.

Tiket Masuk Kanto Lampo Waterfall

Harga tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini adalah sebesar Rp 20.000-an untuk orang dewasa. Sementara untuk anak-anak dikenakan tarif Rp 10.000-an saja.

Selain itu, ada juga beberapa calon pengantin yang ingin melakukan sesi foto prewedding di air terjun ini dan akan dikenakan tarif sekitar Rp 300.000-an untuk tiket masuk grup prewedding termasuk kru dan peserta prewedding. Sedangkan untuk sesi video klip dikenakan biaya Rp 1.000.000 per grup.

Fasilitas Kanto Lampo Waterfall

Tempat wisata ini ditata sedemikian rupa sehingga membuat pengunjung nyaman dan tenang untuk menikmati panorama alam ini. Adapun prasarana umum yang ada di sekitar air terjun ini cukup memadai, antara lain:

  • Tempat parkir yang memadai
  • Ruang ganti baju yang terpisah untuk pria dan wanita
  • Toilet
  • Ada sebuah cafe saat hendak pergi menuju Air Terjun Kanto Lampo
  • Spot foto instagramable
  • Camping ground

Daya Tarik Air Terjun Kanto Lampo

Meskipun untuk menuju lokasi air terjun ini mengharuskan Anda berjuang menuruni banyak anak tangga. Namun destinasi wisata yang satu ini selalu saja dikunjungi banyak wisatawan, sebab mempunyai daya tarik. Diantaranya:

  1. Air Terjun yang Indah

Air Terjun Kanto Lampo yaitu air terjun berbentuk undakan yang menyalurkan air dari ketinggian kurang lebih 15 meter. Karena berbentuk undakan inilah menjadi penyebab air yang terjatuh tak terlalu membuat arus yang deras.

Air yang jatuh melewati tebing batu berwarna hitam serta dilengkapi keindahan tanaman hijau di sekelilingnya, membuat suasana kian terasa sejuk dan asri.

  1. Bermain Air di Kanto Lampo

Saat berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Kanto Lampo, Anda tentu perlu bermain air atau bahkan berenang untuk bisa menikmati kesegaran air yang dialirkan langsung dari air terjun ini. Ada sebuah kolam yang ukurannya tak terlalu besar tapi bisa digunakan berenang untuk anak-anak.

Baca Juga  Air Terjun Luhur, Wisata Adem untuk Liburan Keluarga

Cukup duduk santai di atas bebatuan, Anda bisa menikmati segarnya air yang amat jernih dan bersih. Selain itu, Anda juga dapat berdiam di bawah aliran Air Terjun Kanto Lampo, dan membiarkan air jatuh mengenai tubuh.

Kolam di seputaran area air terjun ini memiliki ukuran yang tidak begitu lebar dan tidak terlalu dalam sehingga Anda hanya bisa mandi di kolam itu tanpa bisa menyelam.

  1. Menikmati Panorama Alam

Saat langkah Anda mulai menapak di kawasan wisata ini, Anda akan langsung disuguhi oleh keberadaan pohon hijau yang amat asri. Ada juga beberapa spot-spot foto dan tempat duduk yang menarik serta Instagramable di sekitar area pintu masuk.

Bagi Anda yang ingin pergi ke Curug Kanto Lampo Anda mesti menuruni beberapa anak tangga di antara rindangnya pohon-pohon. Namun, tangganya cukup terjal untuk dilewati, sehingga apabila membawa ikut serta anak-anak perlu senantiasa dibimbing.

Wisata alam ini banyak ditumbuhi tumbuhan, pohon-pohon tinggi dan juga akar pohon yang bisa dilihat menggantung serta merambat di dinding tebing. Karena itu, suasana alam di lokasi wisata ini masih terasa amat asri dan murni sehingga cocok Anda jadikan tempat untuk melepas lelah.

  1. Berburu Spot Foto

Hunting spot foto menarik yang instagenic menjadi aktivitas lain yang perlu Anda lakukan saat mengunjungi Air Terjun bernama Kanto Lampo ini. Kecantikan alamnya harus Anda abadikan lewat potret foto dan juga video.

Anda bisa berfoto saat tengah berada diantara guyuran air terjun, atau Anda juga dapat berswafoto dengan background Air Terjun Kanto Lampo itu sendiri. Selain itu, yang tak boleh terlewatkan adalah untuk berswafoto di sekitaran dekat pintu masuk menuju Kanto Lampo Waterfall.

Selain itu, suasana asri serta pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi juga cocok untuk Anda jadikan spot foto menarik. Foto dengan latar belakang hijaunya alam tidak pernah tidak sedap dipandang.

Baca Juga  Pantai Gemah Tulungagung, Destinasi Wisata Andalan untuk Mengisi Liburan Musim Panas

Tips berkunjung ke Kanto Lampo Waterfall

Apabila Anda ingin mengunjungi wisata air terjun ini, sangat disarankan untuk tetap melakukan persiapan. Supaya liburan makin menyenangkan dan aman, ketahui beberapa tipsnya terlebih dahulu berikut ini:

  • Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah ketika di pagi hari.
  • Pengunjung disarankan saat berlibur ke sini selain pada saat musim hujan untuk menghindari volume air yang melimpah serta jalanan yang licin.
  • Mandilah di kolam air terjun untuk menikmati sensasi air yang menyegarkan.
  • Saat memutuskan untuk berjalan di undakan air terjun, maka berhati-hatilah karena jalan yang dilalui cukup licin.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk melakukan swafoto.

Berlibur ke Air Terjun Kanto Lampo tentu bisa memberikan pengalaman yang mengesankan. Selain bisa mengerjakan aneka aktivitas seru, pengunjung juga bisa merasakan sensasi berlibur di alam yang menenangkan.

5 / 5. 1

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Air Terjun Sekumpul, Curug Spektakuler Bali
Air Terjun Sekumpul

Bali, satu kota di Indonesia yang memiliki kekayaan wisata utamanya di objek alami. Bali memiliki banyak tempat tujuan wisata alami Read more

Tertinggi di Indonesia, Kenali Pesona Air Terjun Sipiso Piso!
Air Terjun Sipiso Piso Sumatera Utara

Air terjun Sipiso Piso pasti sudah tidak asing lagi bagi warga Sumatera Utara, terutama Medan. Terletak di tempat yang sangat Read more

Air Terjun Sikulikap, Surga Duniawi di Dataran Tinggi Sumatera Utara
Air Terjun Sikulikap Sumatera Utara

Indonesia sebagai negara kepulauan yang dianugerahi dengan kekayaan alamnya memang tak pernah kehilangan pesona. Salah satu daerah di Indonesia yang Read more

Kenali Pesona Tersembunyi dari Pulau Nusa Ceningan yang Masih Asri
Pulau Nusa Ceningan

Bali adalah sebuah provinsi kecil Indonesia dengan segudang pesona wisata yang indah dan telah mencuri perhatian penduduk dari seluruh dunia. Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: