Air Terjun Luhur, Wisata Adem untuk Liburan Keluarga

Saat musim liburan tiba, melepas penat dari kesibukan pasti masuk dalam daftar penting yang ingin diwujudkan. Pilihan terbaik adalah berlibur bersama keluarga. Bagi yang tinggal di Bogor dan sekitarnya, air terjun Luhur bisa jadi pilihan liburan yang adem bersama keluarga. Wisata ini menjadi salah satu alternatif wisata alam lainnya di Jawa Barat seperti Kampung Singkur Pengalenganwisata Situ Patenggang, Air Terjun Cikanteh dan masih banyak lagi.

air terjun luhur

Lokasi wisata yang adem dengan pemandangan indah di wisata air terjun ini patut jadi pilihan sebagai tempat pereda stress. Untuk lebih jelas apa saja daya tarik wisata ini, simak artikel berikut ini.

Sejarah Air Terjun Curug Luhur

Saat ini, lokasi wisata air terjun Luhur atau Curug Luhur ini tidak lagi seperti saat awal ditemukan. Wisata ini sudah mengalami berbagai pembangunan. Dulunya, wisata air terjun ini dipenuhi tumbuhan hijau yang rimbun dengan pemandangan alami yang sejuk.

Lokasi air terjun ini memiliki arus yang cukup berbahaya. Pada bagian kolam di bawah air terjun terdapat pusaran air yang dulu kerap menyeret orang ke dalamnya. Namun dengan pengembangan wisata, lokasi pemandian kolam alami untuk umum dibatasi hanya pada bagian yang aman. 

Daya Tarik Air Terjun Luhur

Wisata air terjun luhur atau curug luhur merupakan salah satu destinasi wisata alam dan pemandian yang ada di wilayah Bogor Jawa Barat. Berikut beberapa daya tarik wisata ini.

  1. Air Terjun Tinggi

Wisata air terjun Curug Luhur ini diberi nama dari bahasa Sunda, Curug berarti air terjun dan Luhur berarti tinggi. Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki ketinggian antara 50 sampai 62 meter, yang cukup tinggi untuk didaki. 

Terdapat air terjun kembar yang ada di lokasi wisata ini dan menjadi misteri curug luhur yang menakjubkan. Dengan adanya lokasi pusaran air yang bisa menyeret orang masuk, saat ini lokasi wisata pemandian di dekat air terjun hanya dibatasi di lokasi yang aman.

  1. Panorama Indah
Baca Juga  Air Terjun Sikulikap, Surga Duniawi di Dataran Tinggi Sumatera Utara

Lokasi wisata ini merupakan salah satu air terjun di Bogor yang bagus. Lokasi pegunungan yang hijau akan memberikan perjalanan yang menenangkan dan dapat meredakan stress. Saat sampai di lokasi Anda akan menyaksikan dua air terjun dengan kolam alami yang jernih. 

Suara gemericik air dan kesejukan suasana di lokasi akan merefresh segala kepenatan dari kesibukan sehari-hari. Panorama hijau yang indah di sekitar juga akan memberikan kenyamanan untuk saat berlibur bersama keluarga.

  1. Permainan Air yang Menyenangkan

Selain pemandian alam di sekitar air terjun Luhur, di lokasi wisata ini juga terdapat wahana Waterboom. Ada banyak pilihan permainan air dan wahana yang bisa dipilih untuk bersantai bersama keluarga.

Lokasi Air Terjun Luhur

Lokasi wisata air ini memiliki akses yang mudah dan dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau pribadi. Lokasi wisata ini ada di kaki gunung Salak, yang berdekatan dengan Taman Nasional Gunung Halimun.

Lokasi tepatnya ada di Desa Ciapus yang masuk wilayah Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jika ditempuh dari Bogor sekitar 24 Km, dengan jarak tempuh antara 60 menit hingga 90 menit. Tentunya jarak tempuh ini tergantung dari situasi dijalan.

Bagaimana Menuju Air Terjun Curug Luhur?

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi wisata di kaki gunung Salak ini. Berikut beberapa petunjuk yang bisa diikuti.

  1. Transportasi yang Bisa Digunakan

Jalan menuju lokasi wisata air terjun Luhur sudah bagus untuk transportasi ke tempat wisata. Jalurnya bisa dilalui kendaraan roda empat ataupun roda dua. Bagi yang melakukan liburan dari luar kota dengan transportasi umum, bisa naik kereta api dengan tujuan Stasiun Bogor.

Setelah turun di Stasiun Bogor, Anda bisa naik angkot 03 dengan jurusan Ciapus. Bisa juga minta pada sopir angkot untuk langsung diantar ke lokasi wisata Curug Luhur. Bagi yang tidak mau ribet, bisa juga menyewa jasa travel wisata atau transportasi online dari stasiun Bogor.

  1. Rute Menuju Lokasi Wisata Air Terjun
Baca Juga  Candi Kalasan, Kuil Buddha Tertua di Jawa

Jalan menuju Curug Luhur Bogor ini cukup mudah untuk dicari. Bagi yang berkunjung dari luar kota melalui Jakarta dengan kendaraan pribadi, bisa menempuh jalur lewat kebun raya empang lalu menuju Cikaret. Setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan menuju lokasi air terjun di Ciapus.

Google Maps: https://goo.gl/maps/otH6TJNW8pXMg74Q6

Rute lain yang bisa dipilih melalui jalur Bogor bisa lewat Bogor Trade Mall, dari sini perjalanan bisa dilanjutkan melewati Zoologi dan menuju Caiput. Dan melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata di daerah Ciapus. Agar tidak salah rute, sebaiknya gunakan bantuan aplikasi Map.

  1. Harga Tiket Masuk

Setelah sampai di lokasi wisata, Anda perlu membeli tiket masuk Curug Luhur terlebih dahulu. Harga tiket masuk berkisar Rp. 45.000/ orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan Rp. 10.000/ kendaraan.

Setelah sampai di tempat parkir, untuk bisa masuk lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 150 meter. Sebagai catatan, lokasi wisata ini buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB. Jadi sebaiknya jangan keluar dari lokasi terlalu sore.

Aktivitas di Tempat Wisata

Ada beberapa aktivitas yang bisa dinikmati selama berkunjung ke lokasi wisata di wilayah Bogor ini. Beberapa diantaranya seperti:

  1. Permainan Wahana Air

Selain menawarkan pemandangan indah di lokasi air terjun Curug Luhur, wisatawan bisa bersantai di wahana permainan air. Tersedia kolam renang alami dengan air yang mengalir langsung dari curug. Kolam renang di wahana ini juga tersedia untuk anak-anak dan dewasa.

  1. Menikmati Keindahan Alam

Bagi yang ingin melepaskan penat, bisa menikmati ketenangan dan kesejukan suasana di lokasi air terjun. Cukup duduk bersantai di bebatuan dekat air terjun sambil menikmati minuman hangat. Menenangkan pikiran dengan mendengar gemericik irama air terjun.

  1. Hunting Spot Foto 

Untuk yang punya hobi hunting spot instagramable ada banyak pilihan lokasi dengan background menarik yang bisa ditemukan di sini. Anda bisa memilih lokasi foto di dekat air terjun mini, atau di dekat berbagai wahana dan bisa juga di taman yang ada di lokasi.

  1. Bersantai di Gazebo
Baca Juga  Menelusuri Candi Jago, Situs Bersejarah di Kota Malang

Di lokasi wisata ini juga tersedia gazebo untuk pengunjung. Sambil bersantai bisa juga memesan menu kuliner yang ada di lokasi. Tersedia juga fasilitas umum seperti toilet, loker barang dan mushola untuk wisatawan.

Penginapan 

Bagi yang berencana bermalam di lokasi wisata ini, terdapat pilihan tempat menginap di hotel hingga villa – villa dengan berbagai tawaran fasilitas. Kisaran harga hotel atau villa di lokasi wisata ini antara Rp. 200.000 hingga Rp. 1.000.000. 

Untuk lebih nyaman selama liburan, ada baiknya untuk melakukan booking penginapan Curug Luhur jauh hari sebelum hari H. 

Persiapan Wisata di Masa Pandemi

Meski lokasi wisata sudah dibuka kembali dan aktivitas sosial mulai berjalan normal, pandemic Covid-19 belum sepenuhnya berlalu, Jadi ada baiknya tetap menjaga diri, keluarga dan orang sekitar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.Siapkan berbagai dokumen yang mungkin akan dibutuhkan saat memasuki lokasi wisata air terjun Luhur seperti sertifikat vaksin penuh. Bisa juga menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk akses sertifikat. Tentunya, tetap pakai masker, hindari kerumunan serta jaga kesehatan.

5 / 5. 1

(Visited 9 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Air Terjun Cibareubeuy, Wisata Air Terjun Hitz di Subang
air terjun cibareubeuy

Subang memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang menyuguhkan pemandangan indah dan udara sejuk. Salah satu wisata Subang yang kini Read more

Air Terjun Cikanteh, Surganya Dunia
Air Terjun Cikanteh

Pernahkah Anda berkunjung ke Sukabumi? Jika iya, mungkin Anda pernah mendengar air terjun Cikanteh. Air terjun ini juga disebut sebagai Read more

Serunya Liburan Keluarga ke Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung

Jika Anda liburan ke Bandung, maka jangan lewatkan kunjungan ke Kebun Binatang Bandung. Wisata edukatif yang patut untuk Anda coba. Read more

Mengenal The Lodge Maribaya, Tempat Wisata Populer di Lembang
The Lodge Maribaya

Sebagai kota wisata, Bandung tentu saja menawarkan banyak destinasi pilihan dengan keunikan tersendiri. Salah satu wisata di Bandung yang tak Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: