Air Terjun Sekumpul, Curug Spektakuler Bali

Bali, satu kota di Indonesia yang memiliki kekayaan wisata utamanya di objek alami. Bali memiliki banyak tempat tujuan wisata alami yang terbukti membuat kagum, termasuk juga wisata air terjunnya. Air terjun Bali yang paling ternama adalah air terjun sekumpul sebagai objek wisata yang sangat kuat alamnya. Wisata ini bisa jadi salah satu wisata alternatif di Bali selain Pantai PandawaPantai Double Six, dan masih banyak lagi.

Air terjun Sekumpul Bali

Air terjun sekumpul Bali termasuk ke dalam wisata yang berada di tempat tersembunyi. Namun keindahannya memang tidak akan membuat Anda menyesal setelah melalui panjang dan sulitnya perjalanan. Keindahannya sudah tersohor di kalangan wisatawan hingga dijuluki sebagai air terjun terindah di Bali. 

Keindahan Air Terjun Sekumpul

Tentu saja ada alasan dibalik predikat curug sekumpul sebagai air terjun yang paling indah. Air terjun ini memikat siapapun wisatawan yang datang untuk kembali berkunjung. Banyak keunikan air terjun sekumpul yang membuatnya berbeda dari yang lain. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut.

  1. Air Sumber 

Air terjun ini dikenal dengan kejernihan dan kesejukan sumber airnya. Air yang jatuh berasal dari sumber langsung pegunungan yang apabila disentuh memberikan sensasi sejuk yang sangat menenangkan. Siapapun wisatawan yang datang tentu akan ingin mendekat merasakan sensasi alam yang begitu kuat.

  1. Medan Menantang

Terletak di bagian yang cukup tersembunyi, lokasi air terjun sekumpul ini di Bali Utara, tepatnya Desa Lemukih yang memberikan medan cukup sulit dan membutuhkan tenaga lebih besar untuk bisa sampai ke tujuan. 

Jika dari Denpasar, Anda harus menempuh perjalanan 2.5 jam dengan kendaraan yang biasanya banyak tersedia baik beroda dua maupun empat. Lalu dilanjutkan ke medan dengan perjalanan kaki. Cara menuju air terjun sekumpul ada juga medan berkisar 300 meter berupa tangga yang harus Anda turuni dan juga sungai yang harus diseberangi. 

  1. Dikelilingi Oleh Air Terjun

Di daerah sekitar air terjun ini, sebenarnya Anda akan melewati berbagai tempat wisata lain yang juga menarik, utamanya wisata alam. Ada juga air terjun yang ada di sebelah kanan dan kiri curug sekumpul. 

Baca Juga  Lebih Tua Dari Majapahit, Begini Megahnya Candi Brahu

Pada sebelah kiri, ada air terjun yang berasal dari air alam sehingga sangat jernih bahkan saat hujan. Sedangkan di sebelah kanan ada air terjun yang bersumber dari aliran air anak-anak sungai di desa Sekumpul yang ketika hujan turun akan berubah menjadi lebih keruh.

  1. Instagramable 

Jika Anda pecinta foto, air terjun di Sekumpul ini memang juaranya. Hasil foto yang diperoleh sangat cantik dan memberikan nuansa kesegaran. Wilayah ini menjadi destinasi favorit yang direkomendasikan karena memiliki berbagai sisi cantik yang sangat cocok diabadikan. 

Di sepanjang perjalanan, Anda juga akan disuguhkan oleh indahnya persawahan serta rumah-rumah penduduk yang terlihat asri dan sederhana.

  1. Ketinggian 

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 100 meter dengan aliran air yang cukup deras dan spektakuler. Dengan keindahan tersebut, rasa lelah, lapar, dan kesal Anda akan impas terbayar tuntas. Anda juga bisa duduk-duduk bersantai di tepi air terjun sembari menghirup udara bersih yang akan menyegarkan pikiran. 

Asal Nama Air Terjun Sekumpul

Keunikan air terjun ini sudah tersebar ke seluruh daerah nusantara dan bahkan juga kepada wisatawan asing. Namun mungkin, tidak banyak yang tau asal mula mengapa air terjun ini dijuluki curug sekumpul. 

Jika diamati, sebenarnya ada total 7 air terjun yang bisa Anda kunjungi di sekitar air terjun ini, sehingga masyarakat memberikan nama Sevent Point Waterfall agar memudahkan orang asing dalam mengingatnya. 

Dua dari air terjun tersebut adalah yang paling dekat dengan jalan utama menuju air terjunnya Sekumpul. Sedangkan lima lainnya perlu tenaga lebih ekstra lagi untuk bisa dikunjungi dan tentunya harus dengan petunjuk dari ahli wisata setempat. Sekumpulan air terjun ini sama-sama masih asri dengan beberapa diantaranya yang terletak bersembunyi. 

Selain pemandangan alamnya yang kuat, kawasan di sekitar air terjun memiliki hutan yang masih asri dengan pegunungan yang sangat kokoh berdiri. Anda juga bisa melakukan berbagai sesi pemotretan di sekitar air terjun karena pemAndangannya yang sangat mendukung.

Baca Juga  Pesona Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Transportasi Rekomendasi

Dengan medan yang sulit dilalui, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum digunakan untuk melakukan perjalanan. Jika Anda merasa belum cukup ahli mengemudi, Anda sebaiknya menggunakan jasa pengemudi yang tersedia. Karena jalan menuju air terjun yang indah ini sangat berlika-liku dan cukup terjal. 

Di Bali, juga disediakan banyak rekomendasi kendaraan seperti persewaan motor dan juga mobil bagi Anda yang tidak ingin menggunakan kendaraan pribadi. Harga persewaan ini juga bervariasi untuk motor kisaran 100.000 dan untuk sewa mobil kisaran 300.000 tergantung lamanya durasi sewa. 

Waktu Kunjungan 

Anda tidak bisa berkunjung di sembarang waktu di air terjun, melainkan sesuai dengan arahan waktu yang direkomendasikan dari pihak penanggung jawab wisata. Untuk waktu terbaik Anda berkunjung ada di jam pagi sebelum sore. 

Hal ini karena di saat pagi hujan akan berkemungkinan kecil untuk turun dibandingkan sore hari. Jadi Anda bisa memulai perjalan sekitar jam 4 pagi dari Kuta Bali agar sampai di air terjun saat masih cuaca cerah. 

Namun jika hujan terjadi, Anda harus berhati-hati karena jalanan akan menjadi licin. Namun jika Anda ingin berangkat lebih siang sekitar jam 7 atau 8 pagi, Anda bisa menginap di hotel sekitar desa air terjun atau curug sekumpul. 

Sedangkan untuk bulan terbaik berkunjung ke air terjun ini adalah sekitar April sampai Oktober karena cuaca masih cenderung cerah. Dengan bulan Maret ke April adalah waktu dimana air sumber menjadi lebih tinggi volumenya. Dan pada Mei ke Oktober, volume air akan kembali menurun sehingga jalanan lebih mudah dilalui saat jalan kaki. 

Tiket Masuk Air Terjun Sekumpul

Dengan indahnya pemandangan air terjun di Sekumpul ini, harga tiket yang ditetapkan juga berbeda-beda tergantung dengan layanan yang Anda dapatkan. Jenis tiketnya, yakni:

  1. Tiket masuk untuk melihat air terjun bagi warga negara Indonesia adalah 10.000 dan 20.000 untuk warga negara asing. Tiket ini hanya untuk tiket melihat saja tanpa ada trekking untuk explore ke air terjun selainnya.
  2. Medium Trekking dengan harga 125.000 setiap orang sudah termasuk tiket masuk sekaligus pemandu. Dengan adanya pemandu, Anda akan bisa memahami lebih dalam terkait air terjun dan juga mendapatkan penjelasan lebih tentang air terjun yang lainnya.
  3. Long Trekking seharga 200.000 tiap orang dengan fasilitas tiket masuk dan pemandu yang akan menemani Anda untuk eksplorasi air terjun lainnya ditambah dengan air terjun Fiji.
Baca Juga  Pantai Double Six Bali: Aktivitas Menarik, Keindahan, dan Aksesnya

Jika Anda memilih untuk berlibur ke air terjun di Sekumpul ini, pastikan Anda telah mengetahui medan perjalanan sekaligus kondisi cuaca di lingkungan sekitar. Pastikan juga membawa pakaian ganti yang nyaman untuk mengantisipasi hujan ataupun cipratan air dari alam. 

Google Maps: https://goo.gl/maps/xChWc8pHDDV2XMsq6

Tetaplah jaga kebersihan saat berlibur dengan membawa kembali sampah yang Anda bawa saat berwisata. Mari ciptakan lingkungan wisata yang bersih agar Anda pun juga bisa berlibur dengan nyaman.

5 / 5. 1

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Air Terjun Kanto Lampo, Wisata Alam yang Mempesona
Air Terjun Kanto Lampo

Bali bukan hanya unggul soal pantai-pantai indah saja, tetapi pulau ini juga memiliki destinasi wisata alam mempesona lainnya yaitu berupa Read more

Air Terjun Luhur, Wisata Adem untuk Liburan Keluarga
air terjun luhur

Saat musim liburan tiba, melepas penat dari kesibukan pasti masuk dalam daftar penting yang ingin diwujudkan. Pilihan terbaik adalah berlibur Read more

Air Terjun Cikanteh, Surganya Dunia
Air Terjun Cikanteh

Pernahkah Anda berkunjung ke Sukabumi? Jika iya, mungkin Anda pernah mendengar air terjun Cikanteh. Air terjun ini juga disebut sebagai Read more

Mengenal Candi Muaro Jambi yang Luasnya 8 Kali Lipat Borobudur
candi muaro jambi

Jambi menjadi salah satu kota yang tak hanya terkenal akan wisata alam dan buatan saja, tapi juga wisata sejarah seperti Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: