Lebih Tua Dari Majapahit, Begini Megahnya Candi Brahu

Indonesia telah memiliki peradaban yang sangat lama. Hal itu dibuktikan dengan adanya berbagai situs peninggalan kuno yang berumur ratusan tahun. Contohnya adalah Candi Brahu sebuah situs arkeologi yang berada di Mojokerto, Jawa Timur. Candi ini merupakan salah satu alternatif wisata candi lainnya, seperti Candi PrambananCandi BorobudurCandi Dieng, dan masih banyak lagi.

Candi Brahu

Tempat satu ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Tidak heran banyak orang yang datang ke sini untuk mempelajari sejarah dan melihat-lihat bagaimana kemegahannya. Bahkan, barangkali Anda sendiri sedang merencanakan wisata sejarah ke candi bersejarah ini, bukan?

Sejarah Candi Brahu

Letak Candi Brahu adalah di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur tepat di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong. Candi ini menjadi salah satu peninggalan kuno paling populer di sana. Ada yang mengatakan jika situs candi ini lebih tua dari beberapa candi lain di sekitarnya.

Jika melihat sejarah panjangnya, ternyata pembangunan candi megah ini terjadi pada tahun 939 M. Candi Brahu didirikan oleh Raja Mpu Sindok dari Kahuripan. Sehingga umurnya sekarang sudah sekitar 10 abad. Sekarang Fungsi Candi Brahu ini dikhususkan untuk tempat pemujaan atau sembahyang.

Sebagaimana yang telah disebut di atas, jika candi ini diklaim lebih tua dari Majapahit. Kita juga mengetahui jika Majapahit merupakan kerajaan yang pernah berjaya pada masanya. Nah wilayah Trowulan tempat candi ini berada merupakan ibu kota dari kerajaan Majapahit itu sendiri.

Di masa kepemimpinan Hayam Wuruk, candi bersejarah ini sudah dibangun sebelumnya. Karena itu, para ilmuwan memperkirakan jika candi ini merupakan situs candi pertama yang dibangun di Trowulon. Bahkan diperkirakan juga jika candi megah ini dibangun pada masa kerajaan Mataram Kuno.

Asal Nama “Brahu”

Candi Brahu yang terletak di Mojokerto ini bisa menjadi tempat penelitian bagi para ilmuwan. Salah satu yang telah diteliti adalah terkait penggunaan nama “brahu” itu sendiri. Kata tersebut diyakini berasal dari kata “warahu” atau “wanaru”.

Baca Juga  Candi Muara Takus, Pusat Peradaban di Tengah Hutan Riau

Nama itu sebenarnya diperoleh dari sebutan terhadap bangunan suci. Dimana hal itu terdapat di dalam prasasti yang ditemukan di lokasi dekat tempat bersejarah ini. Dari hal tersebutlah kemudian orang-orang menyebutnya dengan kata “brahu”.

Bangunan Candi Bernama Brahu

Candi Brahu peninggalan kerajaan Majapahit ini mempunyai dasar struktur kaki candi, atap candi dan juga badan candi. Di awal ukuran candi ini adalah sekitar 17×17 m. Candi ini mengalami pelebaran pada bagian bawah atau kaki candi.

  • Struktur Kaki Candi

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya jika candi ini diperkirakan memiliki ukuran hanya 17×17 m. Hal tersebut karena telah ditemukan batu bata yang tersusun terpisah di bagian kakinya. Setelah diteliti lebih lanjut, candi megah ini mempunyai kaki bingkai bawah dan juga bingkai atas.

Pada bingkai atas inilah tempat berdirinya candi. Bagian pada bingkai-bingkai memiliki bentuk setengah lingkaran yang terdiri dari sisi genta. Selain itu bingkai tersebut juga mempunyai pelipit rata. Bagian kaki candi ini juga terdiri dari dua tingkat.

  • Struktur Tubuh Candi

Batu yang banyak terpasang pada candi ini kebanyakan adalah hasil dari pemugaran Belanda. Terdapat banyak sudut pada tubuh candi ini yang tumpul dan bertekuk. Sedangkan pada bagian tengahnya itu berbentuk sedikit mengecil sehingga terlihat seperti pinggang.

Ukuran pada bagian tubuhnya ini adalah 10 x 10,5 m. Adapun tingginya adalah sekitar 9,6 m. Untuk bagian dalamnya ada ruangan yang memiliki ukuran 1×4 meter.

  • Bagian Atap Candi

Sedikit berbeda dengan candi lainnya di Trowulan yang memiliki bentuk atap segi empat bersusun atau prisma, candi ini mempunyai banyak sudut. Serta paga bagian paling atas dari atapnya mempunyai bentuk yang datar.

Dalam pembangunannya, cara yang digunakan adalah dengan merekatkan batu-batu. Sehingga akan menghasilkan candi yang berbentuk presisi dan rapi saat dipandang. Adapun ukuran atapnya mempunyai tinggi kurang lebih 6 m.

Baca Juga  Mengenal Candi Muaro Jambi yang Luasnya 8 Kali Lipat Borobudur

Jika dilihat relief Candi Brahu menggambarkan sinkretisme kepercayaan Budha dan juga Hindu.  Akan tetapi secara umum candi ini mempunyai bentuk utama hampir mirip dengan candi lain di Jawa Timur.

Beberapa ciri yang bisa kita lihat kemiripan struktur candi di Jawa Timur adalah sebagai berikut:

  • Candi rata-rata menghadap ke barat
  • Candi dibangun pada bagian belakang halaman
  • Pada puncak bagian atasnya memiliki bentuk kubus
  • Bangunan candi terlihat ramping
  • Bahan dasar dalam pembangunan candi kebanyakan menggunakan batu bata merah.

Lokasi dan Rute

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas jika Candi Brahu terletak kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Lokasi tepatnya adalah di Dukuh Jambu Mete, kampung Desa Beijing.

Di kawasan ini masih sangat sedikit penduduk yang menetap. Penduduk yang menetap kebanyakan adalah pemuka agama ataupun bangsawan. Adapun pemukimannya terpencar di kawasan pegunungan dan ada juga di lembah sungai.

Google Maps: https://goo.gl/maps/dFxFjhqQo2wvtNVAA

Sebenarnya di kawasan Trowulan ini terdapat banyak candi lain yang bisa Anda pelajari. Candi-candi tersebut seperti Candi Tengah, Candi Gedong, Candi Gentong dan juga Candi Muteran. Kawasan ini memang sangat cocok untuk menjadi objek studi dan penelitian.

Jika ingin mengunjungi Candi bersejarah ini Anda dapat mengikuti rute yang banyak dilalui orang. Rute tersebut adalah dari jalan raya Mojokerto menuju jombang. Nanti Anda akan menemukan jalan ke utara tepat di depan kantor suaka peninggalan sejarah dan purbakala provinsi Jawa Timur. Ikuti saja jalan ke arah utara tersebut sekitar 1,8 kilometer.

Daya Tarik

Daya tarik dari candi yang terletak di Trowulan ini adalah wisata sejarah. Candi ini sangat tepat untuk dijadikan objek pengamatan sejarah dikarenakan terdapat banyak sekali peninggalan dari masa lalu. Sangat tepat mengajak anak-anak dan keluarga untuk diajarkan mengenai sejarah nusantara.

Fasilitas di Candi Brahu

Sebagai tempat wisata sejarah, pengelola candi juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas bagi para wisatawan. Fasilitas candi tersebut antara lain adalah:

  • Tempat untuk parkir kendaraan
  • Tersedia toilet umum
  • Informasi sejarah candi
  • Spot foto yang menarik
  • Tempat ibadah
  • Tempat duduk bagi para wisatawan
Baca Juga  Mitos, Daya Tarik, dan Keunikan Candi Prambanan

Spot Foto Menarik

Sebenarnya tidak ada tempat khusus untuk mengambil atau hunting foto. Anda dapat menjadikan seluruh kompleks candi sebagai spot foto karena memang semua spotnya menarik untuk dieksplore lebih jauh.

Mulai dari halaman depan, samping, belakang hingga area dalam candi dapat menjadi spot foto yang menarik. Dengan adanya nilai sejarah yang tinggi maka candi yang terletak di Trowulon ini benar-benar menarik untuk dipelajari dan menjadi spot hunting fotografi.

Harga Tiket

Ada sejumlah uang yang harus Anda bayarkan ketika ingin masuk ke dalam kawasan candi. Akan tetapi sebagai pengunjung kita tidak perlu khawatir karena biaya tiket masuknya itu relatif murah dan bisa terjangkau oleh siapapun.

Harga tiketnya adalah Rp3.000 untuk semua pengunjung baik itu wisatawan domestik, luar negeri, dewasa maupun anak-anak. Candi ini dibuka mulai dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB. Bagaimana, sangat terjangkau bukan?

5 / 5. 1

(Visited 2 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Mojosemi Forest Park: Serunya Glamping dan Bermain Wahana
Mojosemi Forest Park Magetan

Mojosemi Forest Park adalah destinasi wisata alam yang memungkinkan Anda bertualang di alam bebas, tapi tetap mendapatkan fasilitas mewah. Wisata Read more

Air Terjun Luhur, Wisata Adem untuk Liburan Keluarga
air terjun luhur

Saat musim liburan tiba, melepas penat dari kesibukan pasti masuk dalam daftar penting yang ingin diwujudkan. Pilihan terbaik adalah berlibur Read more

Air Terjun Cikanteh, Surganya Dunia
Air Terjun Cikanteh

Pernahkah Anda berkunjung ke Sukabumi? Jika iya, mungkin Anda pernah mendengar air terjun Cikanteh. Air terjun ini juga disebut sebagai Read more

Air Terjun Sekumpul, Curug Spektakuler Bali
Air Terjun Sekumpul

Bali, satu kota di Indonesia yang memiliki kekayaan wisata utamanya di objek alami. Bali memiliki banyak tempat tujuan wisata alami Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: