Melihat Keindahan Air Terjun Sri Gethuk dari Dekat

Objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Berbagai macam tempat wisata alam, kuliner, hingga sejarah, hadir di kota pelajar ini. Salah satu destinasi wisata alam yang memikat para wisatawan adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun ini juga dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata di Jogja selain Tebing BreksiPuncak BeciciPantai Wediombo, dan Candi Prambanan.

air terjun sri gethuk

Air Terjun bernama Sri Gethuk ini memiliki pesona menarik dan keunikan yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Banyak mitos beredar yang melatarbelakangi objek wisata Yogyakarta ini, namun hal tersebut tidak menghalangi banyak turis untuk tetap berkunjung ke tempat ini.

Sejarah Air Terjun Sri Gethuk

Sejarah tempat ini tidak lepas dari mitos Air Terjun Sri Gethuk yang menyelimutinya. Warga sekitar banyak yang mendengar suara gamelan ditabuh dari air terjun ini, namun suara tersebut menghilang ketika dihampiri. Hal ini membuat banyak orang menyebut Air Terjun Sri Gethuk angker.

Air terjun yang berada di desa Bleberan ini dipercaya sebagai pusat berkumpulnya makhluk halus yang dipimpin oleh Anggo Menduro. Makhluk halus ini sangat menyukai kesenian gamelan. Cerita mistis tersebut tidak menghalangi para turis untuk datang dan menikmati indahnya air terjun unik ini.

Lalu, adakah hubungan antara air terjun ini dengan makanan khas suku Jawa, yaitu gethuk? Ternyata nama air terjun ini diambil dari suara “thuk…thuk…thuk” yang menetes. Air terjun di Gunung Kidul ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan jajanan tradisional tersebut.

Selain itu, nama gethuk berasal dari kata kethuk, sebuah gamelan berukuran kecil. Warga sekitar juga memanggil air terjun ini dengan sebutan air terjun slempret. Slempret berasal dari kata slompret, adalah sejenis seruling yang suaranya kadang terdengar beriringan dengan suara kethuk.

Wisata Sri Gethuk

Air terjun atau Curug Sri Gethuk ini berlokasi di Desa Bleberan, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi sungai Oyo, sehingga Anda dapat berjalan kaki atau menyusuri sungai dengan rakit seharga Rp10.000 untuk sampai di sana.

Baca Juga  Mengenal Umbul Manten, Wisata Alam Penuh Misteri di Klaten

Air terjun indah ini terletak di tepi sungai dan berada di tengah hutan, sehingga keadaan sekitar masih lestari. Sebenarnya di daerah ini banyak sekali objek wisata alam yang bisa Anda kunjungi. Anda hanya harus masuk melalui desa yang berbeda agar tidak tersasar.

Apa sih yang menarik dari air terjun ini? Jika Anda tahu, air terjun ini merupakan percabangan atau muara sungai kecil yang berakhir di sungai Oyo. Berbeda dengan air terjun biasanya yang merupakan satu aliran sungai saja. 

Curug Sri Gethuk membentuk aliran air yang mirip dengan terasering, dimana banyak orang yang menggunakan tempat itu untuk duduk dan menikmati jatuhnya air secara tenang. Birunya air dan dasar tanah yang hijau kekuningan menambah keestetikan tempat ini. 

Seluruh sudut di air terjun dapat dijadikan tempat selfie, Anda hanya harus menemukan angle yang tepat. Anda juga dapat berfoto di atas rakit buatan warga sekitar saat mengarungi sungai Oyo. Sisi atas air terjun memang susah dijangkau jika tidak menggunakan pakaian dan peralatan memadai.

  1. Tiket Masuk dan Fasilitas

Harga tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk adalah Rp15.000. Biaya ini termasuk biaya parkir, jika Anda membawa kendaraan roda dua atau empat. Harga tersebut juga sudah termasuk pemandu jika Anda ingin menggunakan jasa mereka.

Jam buka Air Terjun Sri Gethuk adalah pukul 07.00 – 17.00 WIB. hal ini diberlakukan karena kurangnya pencahayaan dan untuk menghindari resiko kecelakaan. Ketika hujan tiba, sebaiknya Anda tidak mengunjungi area ini, karena dikhawatirkan terdapat aliran air yang besar di sungai Oyo.

Di air terjun ini juga terdapat fasilitas flying fox yang dapat Anda nikmati dengan membayar sejumlah Rp25.000. Anda akan diajak untuk menikmati keindahan air terjun dari atas, menyebrangi sungai dan hutan yang rimbun.

Baca Juga  Mengenal Pantai Teluk Penyu, Surga Tersembunyi di Cilacap

Terdapat banyak fasilitas pendukung di objek wisata ini, seperti toko souvenir, toko makanan, toilet, dll. Semua fasilitas ini tersedia di dekat area parkir, bukan di area air terjun. Hal ini diberlakukan untuk menjaga keasrian air terjun itu sendiri. 

Selain menikmati keindahan air terjun, aera ini cocok untuk Anda yang suka dengan kegiatan trekking dan hiking. Medan yang naik turun membuat trek semakin menantang, ditambah aliran sungai yang tidak dalam dan tenang, akan menantang adrenalin Anda. 

  1. Akses Menuju Objek Wisata

Untuk transportasi ke Air Terjun Sri Gethuk, Anda dapat menggunakan berbagai cara. Jarak dari Malioboro ke Air Terjun Sri Gethuk adalah 40 km, dapat ditempuh dalam 1 jam 30 menit menggunakan mobil. Anda juga dapat menggunakan kendaraan roda dua, dan tentunya akan jauh lebih cepat.

Google Maps: https://goo.gl/maps/KUKAVCmwBJm15M5s8

Anda dapat menyewa mobil beserta supirnya untuk beberapa jam perjalanan menuju banyak objek wisata termasuk air terjun ini. Di pusat kota banyak sekali penyewaan kendaraan, baik itu mobil atau motor yang dapat disewa mulai dari harga Rp50.000 per hari.

Wisata Sekitar Air Terjun

Terdapat banyak wisata dekat Air Terjun Sri Gethuk yang bisa dijadikan alternatif atau objek wisata lanjutan. Posisinya yang berada di kawasan wisata alam, memiliki spot-spot yang unik tiap sudutnya. Berikut beberapa rekomendasi wisata sekitar air terjun.

  1. Goa Rancang Kencono

Yang pertama adalah Goa Rancang Kencono, berjarak sekitar 20 menit berjalan kaki atau 1,5 Km ke arah selatan. Goa ini memiliki sebuah pohon besar yang tepat berada di depan mulut goa. Tiket masuk gratis, karena sudah termasuk dalam kawasan wisata air terjun.

  1. Puncak Sri Panjung

Puncak Sri Panjung merupakan sebuah bukit dengan pemandangan aliran sungai Oyo. Puncak ini berada tepat di utara objek wisata Sri Gethuk. Untuk mencapainya, Anda harus memutar sejauh 7 km ke desa seberang untuk dapat masuk ke objek wisata ini.

  1. Dodogan Cultural Tourism
Baca Juga  Pantai Slili, Wisata Gunung Kidul yang Damai nan Indah

Objek wisata budaya ini menampilkan banyak sekali acara kebudayaan warga sekitar. Tempat ini juga biasa dijadikan rest area sepanjang jalan Dlingo, yang sering digunakan para turis. Objek wisata Dodogan juga sering dijadikan objek foto prewedding, video klip, atau foto pernikahan.

  1. Hutan Pinus Mangunan

Siapa yang tidak mengenal hutan satu ini dengan banyaknya pohon pinus Sumatera yang tinggi menjulang? Hutan pinus ini menjadi objek wisata yang khas di sekitaran air terjun. Berlokasi sekitar 17 km di barat objek wisata Sri Gethuk. 

Selain hutan pinusnya, di sini terdapat puncak yang dapat dikunjungi untuk melihat matahari terbenam dan terbit, salah satunya Puncak Becici. Keadaan yang sejuk dan syahdu menambah keindahan tempat ini. Banyak juga spot selfie instagramable yang dapat Anda coba untuk menyatu dengan alam.Dari ulasan tersebut, apa Anda sudah memiliki rencana untuk berlibur ke Yogyakarta dan mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk? Jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata lain dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Selamat berlibur.

5 / 5. 1

(Visited 2 times, 3 visits today)
Artikel Terkait
Candi Kalasan, Kuil Buddha Tertua di Jawa
Candi Kalasan

Besar, menakjubkan, holistik, dan berseni adalah kata-kata untuk menggambarkan Candi Kalasan. Dibangun megah di Sleman, Yogyakarta, merupakan salah satu daya Read more

5 Hal Yang Perlu Anda Tahu Sebelum Berkunjung ke Kebun Binatang Gembira Loka
Taman Margasatwa Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Yogyakarta. Lokasi Kebun Binatang Read more

Mitos, Daya Tarik, dan Keunikan Candi Prambanan
Candi Prambanan

UNESCO menetapkan Candi Prambanan sebagai salah satu warisan dunia sejak tahun 1991 silam. Fungsi Candi Prambanan ini sendiri ditujukan sebagai Read more

Mengenal Pantai Wediombo, Pesona Alam di Kawasan Yogyakarta
Pantai Wediombo Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan banyak hal menarik, mulai dari sistem pendidikan, wisata, kuliner, dan Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: