Menelusuri Indahnya Candi Gedong Songo di Ungaran

Dalam memilih destinasi wisata tidak lepas dari aspek budaya dan sejarah yang memiliki daya tarik tersendiri. Di Semarang, terdapat wisata sejarah berupa bangunan candi yang unik dan asri, menunggu untuk Anda kunjungi. Candi ini bernama Candi Gedong Songo atau Candi Songo. Candi ini merupakan salah satu alternatif wisata candi lainnya, seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, Candi Dieng, dan masih banyak lagi.

Sejarah Candi Gedong Songo

candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo terletak di bagian selatan lereng Gunung Ungaran, Jawa Tengah. Candi ini  berasal dari bahasa Jawa, dimana kata Gedong memiliki arti “bangunan”, sedangkan kata songo berarti “sembilan”.

Pada awalnya candi ini dinamai Gedong Pitoe, yang berarti tujuh bangunan. Karena di masa awal hanya ditemukan tujuh bangunan candi saja. Baru kemudian setelah melakukan penggalian lebih lanjut, dipastikan terdapat sembilan bangunan candi.

Sejarah Candi Gedong Songo cukup singkat yang dapat Anda ketahui. Candi Gedong Songo merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9, tepatnya pada tahun 972 M. Diperkirakan, candi ini mulai dibangun pada abad ke-7, saat masa pemerintahan Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya.

Namun setelah hampir 200 tahun, akhirnya candi ini hanya menjadi peninggalan di masa depan. Pada masa Wangsa Syailendra lah, legenda Candi Gedong Songo bermula. Relief-relief pada bangunan candi menunjukkan ukiran tersebut berasal dari dinasti Syailendra.

Pada awal November 1740, Joan Gideon Loten bersama rombongannya secara tidak sengaja menemukan kompleks candi ini saat sedang menjelajahi hutan Ungaran. Hingga akhirnya di buku History of Java karangan Sir Thomas Raffles di tahun 1817 berhasil mengungkap keberadaan Candi Songo.

Bentuk Candi Songo

Candi Songo merupakan sebuah bangunan bercorak Hindu yang memiliki tiga bagian pada setiap bangunannya. Di bagian alas, menggambarkan alam manusia dan di bagian tengah yang menandakan hubungan alam manusia dan dewa. Lalu, bagian puncak yang menggambarkan alam dewa.

Pada bagian relief terdapat kisah masa dinasti Sanjaya. Di bagian dalam dan luar candi terdapat patung-patung Dewa Siwa Mahaguru, Siwa Mahakala, Siwa Mahadewa, Ganesha, Maharishi Agastya, dan Dewa lainnya.

Baca Juga  Sejarah Gua Jepang dan Gua Belanda Bandung yang Penuh Misteri

Karena candi ini bercorak agama Hindu, umumnya bentuk bangunan akan memiliki puncak yang tinggi dan lancip. Tidak seperti candi Budha yang lebih melebar. Candi gedong berada di kompleks candi yang berada di lima titik berbeda.

Jumlah Candi Gedong Songo terbagi lima bagian dengan dua bagian di sisi timur, dua bagian di sisi utara, dan satu bagian di sisi barat.

  1. Candi I

Di ketinggian 1208 mdpl, bagian ini memiliki bangunan yoni tanpa adanya lingga. Candi di sini menandakan kesuburan dan kejantanan. Namun sayangnya, pada bagian puncak candi sudah terlihat rusak.

  1. Candi II

Bagian ini berada di ketinggian 1297 mdpl. Di bagian ini terdapat candi perwara atau candi kecil yang berfungsi sebagai pintu masuk atau candi penjaga bagi candi induk di bagian selanjutnya. Bangunan candi di bagian ini masih utuh

  1. Candi III

Terdapat tiga bangunan candi yang berada di ketinggian 1297 mdpl. Di bagian ini juga terdapat candi perwara. Bangunan candi di bagian ini berbeda dengan bagian lain, di puncak candi terdapat stupa, dan ada pula makara atau arca berbentuk kepala gajah yang menandakan Dewa Ganesha.

  1. Candi IV

Di bagian ini terdapat sebuah bangunan candi pada ketinggian 1295 mdpl. Di sekeliling bangunan candi tersebut terdapat reruntuhan candi.

  1. Candi V

Bagian ini berada pada ketinggian 1308 mdpl. Di dalamnya terdapat sebuah bangunan candi yang juga dikelilingi reruntuhan bekas peninggalan.

Fungsi Candi Gedong Songo

Candi Songo memiliki fungsi seperti candi-candi lain, yaitu sebagai tempat beribadah atau tempat pemujaan. Candi yang berada di lereng Ungaran ini jika dilihat dari bagian kompleksnya, berderet dari bawah ke atas bukit.

Candi-candi yang berderet ini menandakan hierarki suci yang dipercaya umat Hindu. Semakin tinggi candi atau bangunan, maka akan semakin dekat dengan alam Dewa. tidak heran jika banyak candi-candi yang ada di Indonesia berlokasi di atas bukit atau dataran tinggi.

Baca Juga  Menelusuri Candi Jago, Situs Bersejarah di Kota Malang

Wisata Candi Gedong Songo Semarang

Kawasan wisata yang bersejarah ini beralamat di Jalan ke Candi Gedong Songo, Candi, Krajan, Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614. Berada di sisi selatan Gunung Ungaran dan Puncak Tedeng.

  1. Rute

Rute ke Candi Gedong Songo jika Anda berada di Kota Semarang cukup dekat. Anda dapat menempuh jarak 36 km ke selatan dengan menggunakan mobil atau motor. Jika Anda masuk dari selatan, dari jalan Sukorini atau Hadiningrat, Anda cukup mencari SPBU Bandungan 44.506 lalu belok ke utara.

Google Maps: https://goo.gl/maps/QXmDFhMaaGxUnV53A

Anda juga dapat menggunakan taksi, taksi online, atau ojek online untuk menuju ke kawasan Candi Songo. Banyak penginapan di sekitar kawasan candi.

  1. Tiket

Kompleks candi ini cocok sebagai wisata keluarga, selain sejuk, pemandangan yang asri, banyak wahana-wahana lain yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Untuk dapat masuk ke dalam kawasan Candi Songo, Anda cukup mengeluarkan biaya Rp10.000 untuk tiket dan Rp5000 untuk parkir.

  1. Fasilitas

Di kawasan bawah, banyak terdapat fasilitas yang dapat Anda nikmati, seperti Plaza, Kios-kios, Pendopo, Theater, Panggung pertunjukan, Musholla, dan juga toilet. Bagi Anda yang ingin menunggangi kuda, Anda dapat berwisata kuda yang ada di sisi barat kawasan ini. Anda dapat berkeliling sesuai tujuan.

Di kawasan atas terdapat kompleks Candi I sampai Candi V yang tersebar dari timur ke barat. Di kawasan antara Candi IV dan V, Anda dapat mengunjungi kawasan belerang dimana terdapat juga pemandian air panas khusus. Selain itu, ada juga penginapan di sekitar pemandian tersebut.

Bagi Anda yang hobi camping, Anda dapat mendirikan tenda di lapangan bumi perkemahan yang sudah disediakan. Ada juga kawasan Ayanaz Gedong Songo, kawasan ini memiliki hingga 35 spot foto yang patut Anda coba ketika berwisata ke sini.

Ayanaz juga memiliki 6 spot berbayar untuk mendapatkan titik terbaik pengambilan gambar. Harga tiket masuk Ayanaz sebesar Rp10.000 untuk anak-anak dan Rp20.000 untuk dewasa. Kawasan Ayanaz berada di titik sebelum masuk kawasan candi.

  1. Persiapan
Baca Juga  Pemandian Air Panas Guci Tiket Masuk dan Fasilitas

Anda disarankan untuk membawa payung atau jas hujan, cuaca di kawasan tinggi ini cepat berubah dan minimnya tempat berteduh. Di kawasan Gedong Songo juga terdapat penyewaan payung seharga Rp10.000.

Persiapkan stamina Anda sebelum naik ke kawasan kompleks Candi Songo, perjalanan yang menanjak akan menguras tenaga Anda. Anda dapat mengenakan pakaian yang nyaman dan panjang, sepatu, dan lainnya. Di sepanjang trek terdapat penjual makanan dan minuman sebagai bekal perjalanan.

Anda juga dapat menunggangi kuda untuk berkeliling kawasan candi, semakin jauh jaraknya maka akan semakin besar biayanya. Estimasi waktu berkeliling jika menggunakan kuda sekitar 1 jam, jika berjalan kaki, Anda dapat menghabiskan waktu 2 jam.Wisata Candi Gedong Songo di Ungaran ini menjadi daya tarik tersendiri karena selain menikmati wisata sejarah, Anda dapat menikmati pemandangan. Jadi, kapan Anda berkunjung ke sini?

5 / 5. 1

(Visited 6 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
6 Hal Penting Sebelum Anda Berkunjung ke Candi Dieng
Candi Arjuna Dieng

Jika Anda sedang atau berencana liburan ke daerah Jawa Tengah, sempatkanlah mampir ke Candi Dieng. Candi ini kini mulai ramai Read more

Mengenal Umbul Manten, Wisata Alam Penuh Misteri di Klaten
Umbul Manten Klaten

Setelah lelah beraktivitas setiap hari, Anda tentu membutuhkan istirahat sejenak. Untuk mengembalikan energi dan pikiran, Anda bisa mengunjungi wisata alam Read more

6 Hal Penting Seputar Benteng Pendem Cilacap
Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap merupakan salah satu objek wisata yang cukup ikonik di Cilacap. Destinasi wisata satu ini memiliki nilai historis Read more

5 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Berkunjung ke Taman Anggrek Tegal
Taman Anggrek Guci Tegal

Taman Anggrek Tegal merupakan satu diantara tempat wisata yang bisa menjadi opsi liburan Anda ketika sedang berada di Tegal, Jawa Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: