Mengenal Umbul Manten, Wisata Alam Penuh Misteri di Klaten

Setelah lelah beraktivitas setiap hari, Anda tentu membutuhkan istirahat sejenak. Untuk mengembalikan energi dan pikiran, Anda bisa mengunjungi wisata alam bernama Umbul Pengantin (Manten). Dibalik keindahannya, ternyata banyak mitos Umbul Manten yang siap menghantui Anda.

Sejarah Umbul Manten

Ketika berkunjung ke suatu tempat, mengetahui sejarahnya cukup penting agar Anda bisa menentukan sikap dan perilaku saat berada di sana. Wisata yang satu ini memang sempat memicu perdebatan karena banyaknya mitos yang ada. Meskipun sering dikaitkan dengan hal mistis, sebenarnya wisata ini begitu indah dan layak Anda kunjungi.

Umbul Manten Klaten

Nama Manten sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya pengantin. Ada dua cerita populer yang melatarbelakangi wisata ini, yakni:

  1. Kisah Mistis Sepasang Suami Istri 

Menurut kisah masyarakat setempat, dahulu ada sepasang suami istri yang baru selesai menikah. Kemudian, mereka mengunjungi tempat ini untuk bepergian.

Padahal, orang tua sudah memberi nasehat kepada mereka agar tidak keluar rumah selama 40 hari sejak pernikahan berlangsung. Larangan ini berlaku mulai petang hari.

Namun, karena sangat bosan, sepasang suami istri ini tetap nekat keluar rumah. Saat bepergian, suami berjalan mendahului istrinya. Ketika ia menengok ke belakang, tak disangka istrinya sudah hilang entah kemana.

Begitu juga dari sudut pandang istrinya. Tiba-tiba sang suami menghilang seperti ditelan bumi. Lokasi menghilangnya sepasang suami istri ini terletak di sumber mata air.

  1. Berasal dari Dua Sumber Mata Air

Selain itu, ada juga versi cerita yang berbeda dari sejarah wisata ini. Beberapa orang percaya bahwa nama Umbul Pengantin diambil karena sumber mata air berasal dari dua lokasi. Satu sumbernya bernama Umbul Peteng, sementara lainnya bernama Umbul Pelem.

Masyarakat menyebut Umbul Peteng sebagai mata air laki-laki. Sedangkan, Umbul Pelem merupakan sumber air perempuan. Karena keduanya menyatu di muara yang sama, maka muncullah ide pemberian nama Umbul Pengantin.

Tradisi Padusan Umbul Pengantin

Selain erat kaitannya dengan berbagai mitos, wisata ini juga masih melestarikan kebudayaan masyarakat setempat. Hal itu terbukti dengan adanya tradisi Padusan yang digelar sebelum hari pertama bulan puasa.

Baca Juga  Pantai Slili, Wisata Gunung Kidul yang Damai nan Indah

Pada tradisi ini, masyarakat akan mandi untuk menyucikan diri di kolam permandian dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Saat momen Padusan, wisatawan yang datang bisa membludak mencapai lebih dari 2.000 orang.

Anda bisa menyaksikan tradisi ini setiap tahun atau bahkan ikut mengikutinya. Jangan khawatir, air disini segar dan bersih karena langsung sari mata air. Bila masih bingung, akan ada banyak petugas yang mengarahkan Anda untuk mengikuti tradisi ini.

Daya Tarik Umbul Pengantin

Sebagai salah satu wisata air, daya tarik utama dari tempat ini tentu saja adalah keindahan perairannya. Anda bisa melakukan banyak aktivitas disini, mulai dari berenang hingga menyelam. Ada tiga kolam yang bisa Anda gunakan disini.

Kolam utamanya berukuran 1,5 meter dengan luas yang cukup kecil. Jangan khawatir, ada juga kolam untuk anak kecil dengan ketinggian tidak sampai 100 meter. 

Selain menikmati keindahan kolam alami yang masih banyak bebatuan dan akar pohon, Anda juga bisa bersantai di bawah rindangnya Pohon Ipik. Tenang saja, akan ada hammock yang kuat untuk menampung beban Anda.

Bila Anda ingin mendapatkan foto yang bagus dan instagramable, Anda bisa berfoto di bawah air karena sangat jernih. Anda bisa meminjam properti yang ada agar foto terlihat lebih atraktif. 

Fasilitas Umbul Manten

Wisata ini memang seakan tak pernah sepi pengunjung. Menawarkan keindahan yang luar biasa, Umbul Pengantin juga menyediakan fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan Anda selama berwisata.

Karena air mendominasi lokasi wisatanya, maka sudah pasti tersedia kamar ganti dan toilet untuk mandi. Anda yang beragama Islam juga bisa beribadah sejenak karena ada mushola.

Soal parkir tak perlu Anda khawatirkan, karena lahannya sangat luas. Kendaraan Anda akan aman dan terhindar dari berbagai kerusakan atau bahkan pencurian.

Bila Anda membawa anak-anak, tersedia wahana jaring ikan dan terapi ikan. Ketika lapar, Anda bisa mengisi perut di warung makan sekitar wisata. Hidangannya juga cukup beraneka ragam dengan harga bervariasi.

Baca Juga  Menelusuri Indahnya Candi Gedong Songo di Ungaran

Alamat dan Rute Umbul Manten Klaten

Lokasi Umbul Manten memang sangat strategis, yakni di Jalan Dusun Jati, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Anda bisa mengunjungi wisata ini dengan mudah. Bila datang dari arah Jogja, Anda bisa mengendarai mobil menuju Klaten di Jalan Jogja – Solo. 

Google Maps: https://goo.gl/maps/QcWHhxv2g8mrCKV57

Anda bisa melewati Jalan Pemuda, kemudian belok ke Jalan Sersan Sadikin. Namun, jalan ini tidak disarankan karena treknya cukup berliku. Agar lebih nyaman dan aman, Anda bisa melalui Samsat Delanggu. Lalu, belok kiri di pertigaan ke Jalan Tegalgondo – Janti.

Sementara, bagi Anda yang berasal dari Kota Solo, Anda bisa mengunjungi Pasar Desa Tegal Gondo. Setelah itu, belok kanan pada pertigaan ke Jalan Tegalgondo – Janti. Anda akan melewati Kolam Pemancingan Dewi Anjar.

Bertanyalah kepada pengunjung sekitar karena lokasinya sudah tidak jauh lagi. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi Google Maps agar lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Umbul Manten

Disini, Anda bisa melihat kekayaan alam perairan yang luar biasa. Semua yang ada di wisata ini akan membuat Anda terpesona dan betah berlama-lama bermain disana. Meskipun begitu, harga tiket masuknya tetap sangat terjangkau. 

Anda bisa membeli tiket seharga Rp6.000 per orang. Tidak ada perbedaan harga untuk anak kecil dan orang dewasa. Sementara, pada saat hari libur, harga tiketnya naik menjadi Rp10.000.

Jam Buka Umbul Pengantin

Karena tak pernah sepi pengunjung, pihak pengelola membuka wisata ini setiap hari. Jam bukanya adalah pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Sebaiknya, datang pada hari biasa pukul 07.00 – 09.00 atau 15.00 – 17.00 agar tidak terlalu panas dan ramai.

Penginapan Dekat Umbul Manten

Sebagai daerah wisata, pemerintah Yogyakarta menyediakan berbagai penginapan yang dekat dengan wisata ini. Anda bisa memilih berbagai penginapan, mulai dari hotel, villa, guest house, hingga homestay. Tarifnya juga berbeda-beda, tetapi relatif terjangkau, yakni mulai Rp150.000 sampai Rp500.000 per malam.

Baca Juga  Kenali Pesona Tersembunyi dari Pulau Nusa Ceningan yang Masih Asri

Tips Berkunjung ke Umbul Pengantin

Bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi wisata ini, ada baiknya jika membaca aturan dan ketentuan terlebih dahulu agar tidak melakukan kesalahan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

  1. Sebaiknya, naik kendaraan pribadi karena lokasinya cukup strategis dan Anda perlu membawa cukup banyak perlengkapan mandi, seperti sabun, shampo, baju ganti, maupun handuk
  2. Kunjungi wisata ini saat pagi hari agar tidak terlalu ramai
  3. Jangan membuang sampah sembarang agar kebersihannya tetap terjaga
  4. Jangan buang air kecil di kolam supaya tetap jernih
  5. Bertanyalah pada penduduk lokal terkait jalan menuju lokasi agar tidak salah jalan

Meskipun erat kaitannya dengan aneka misteri, tapi Umbul Pengantin ini tetap menjadi wisata favorit yang menawarkan berbagai keindahan. Jika Anda datang ke sana, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan agar kelestariannya tetap terjaga.

5 / 5. 1

(Visited 3 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Menelusuri Indahnya Candi Gedong Songo di Ungaran
Candi Gedong Songo

Dalam memilih destinasi wisata tidak lepas dari aspek budaya dan sejarah yang memiliki daya tarik tersendiri. Di Semarang, terdapat wisata Read more

6 Hal Penting Sebelum Anda Berkunjung ke Candi Dieng
Candi Arjuna Dieng

Jika Anda sedang atau berencana liburan ke daerah Jawa Tengah, sempatkanlah mampir ke Candi Dieng. Candi ini kini mulai ramai Read more

6 Hal Penting Seputar Benteng Pendem Cilacap
Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap merupakan salah satu objek wisata yang cukup ikonik di Cilacap. Destinasi wisata satu ini memiliki nilai historis Read more

5 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Berkunjung ke Taman Anggrek Tegal
Taman Anggrek Guci Tegal

Taman Anggrek Tegal merupakan satu diantara tempat wisata yang bisa menjadi opsi liburan Anda ketika sedang berada di Tegal, Jawa Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: