Pesona Air Terjun Coban Pelangi yang Kaya Akan Daya Tarik

Saat hari liburan selanjutnya, kira-kira Anda mau bertamasya ke objek wisata apa? Jika sedang berada atau berencana ingin pergi ke Kabupaten Malang, jangan lupa mampir ke wisata alam menakjubkan bernama Air Terjun Coban Pelangi. Air terjun Coban Pelangi merupakan salah satu alternatif wisata air terjun di jawa timur selain air terjun Madakaripura.

air terjun coban pelangi

Pasalnya, tempat ini tergolong sebagai objek wisata air terjun terkenal di kawasan Malang. Lantas, seindah dan semenakjubkan apa sih air terjun satu ini? Jika penasaran, Anda bisa simak informasi tempat wisata selengkapnya pada ulasan artikel berikut ini!

Pesona Air Terjun Coban Pelangi Malang

Objek wisata juga masyarakat kenal dengan nama Coban Kabut Pelangi akan menyajikan kenampakan alam yang sangat indah yang mungkin jarang Anda temukan pada objek wisata air terjun lainnya.

Maka tak heran jika objek wisata ini terbilang populer di kalangan wisatawan umum khususnya bagi para pendaki Gunung Semeru.

Benar saja, lokasi Air Terjun Coban Pelangi ini ternyata tidak terlalu jauh dari kawasan pendakian Gunung Semeru. Tak jarang juga, para pelancong yang hendak mencapai puncak Gunung Semeru kerap mampir ke tempat adem satu ini.

Selain curahan deras air terjunnya, bagian alam lainnya juga tak mau kalah untuk menunjukkan keindahannya di mata para wisatawan. Muntahan air setinggi 110 meter ini dikelilingi oleh tebing batu karang dan pepohonan hijau yang sangat rindang.

Perpaduan warna antara batu karang, pohon, dan tumpahan air terjun ini akan jadi objek cuci mata yang menyegarkan, menenangkan, sekaligus menyejukkan. 

Tak sampai situ saja, wisatawan juga akan disambut dengan kicauan burung serta suara-suara hewan liar yang menghuni kawasan wisata tersebut. 

Apakah Ada Pelangi di Air Terjun Coban Pelangi?

Sama seperti namanya, air terjun ini memang kerap menampakkan lengkungan pelangi yang sangat cantik di sekitaran curahan airnya.

Saat cuacanya cerah, berkas cahaya matahari akan ikut menyelinap masuk di antara rindangnya pepohonan yang akan mempercantik kenampakan alamiah dari air terjun ini. 

Baca Juga  Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Wisata Eksotis di Tengah Hutan

Berkas cahaya matahari yang bertemu dengan cipratan halus air terjun akan membiaskan lengkungan cahaya warna-warni bernama pelangi. Itulah mengapa, objek wisata alam memiliki nama yang sangat pas yakni Air Terjun Coban Pelangi Malang. 

Agar bisa menyaksikan warna-warni objek wisata ini secara lengkap, alangkah baiknya untuk datang pada waktu kunjung terbaik yakni pada pukul 10.00 – 12.00 WIB saat cuaca cerah. 

Saat hari sudah bergulir sore, fenomena unik ini akan semakin sulit untuk Anda jumpai lantaran adanya kabut yang akan menuruni kawasan air terjun ini. Selain itu, Anda juga tidak boleh mendekati kawasan Curug Coban Pelangi saat cuaca buruk karena wilayah ini kerap sekali terjadi banjir.

Lokasi Air Terjun Coban Pelangi

Setelah mengetahui pesona dan keindahan air terjun satu ini, Anda yang tertarik berkunjung ke objek wisata tersebut tentu memerlukan informasi letak lokasi Curug Coban Pelangi

Pada dasarnya, air terjun ini terletak di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kurang lebih jaraknya terpaut sepanjang 32 km dari kawasan Kota Malang dengan waktu tempuh selama 3 jam berkendara.

Sebagaimana yang pernah disinggung sebelumnya bahwa lokasi wisata ini juga terletak cukup dekat dengan kawasan pendakian Gunung Semeru. Selain itu, air terjun yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang ini juga masih menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo, Jawa Timur.

Perlu Anda ketahui juga bahwa lokasi Curug Coban Pelangi berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian 1.400 mdpl. Sudah sewajarnya jika suhu udara di sana terbilang sangat dingin yakni sekitar 19 – 23 derajat celcius.

Jadi, Anda jangan lupa kenakan pakaian tebal, jaket, atau atribut penghangat secukupnya sebelum berkunjung ke Curug Coban Pelangi.

Rute Air Terjun Coban Pelangi

Berhubung lokasinya berada di area pegunungan, bisa dibilang Anda akan memerlukan effort yang cukup besar untuk bisa melihat pemandangan Curug Coban Pelangi. 

Jika berangkat dari Kota Malang menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengambil rute perjalanan Malang – Pasar Tumpang – Desa Gubuk Klakah. 

Baca Juga  Tertinggi di Indonesia, Kenali Pesona Air Terjun Sipiso Piso!

Jika ingin menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menaiki bus menuju ke Terminal Arjosari, kemudian lanjut menaiki angkot menuju Pasar Tumpang, lalu menyewa truk atau jeep untuk melanjutkan perjalanan Anda menuju Desa Gubuk Klakah.

Google Maps: https://goo.gl/maps/XzWaLHvqF9FkZ67EA

Dalam perjalanan, Anda akan menjumpai papan tulisan “Air Terjun Coban Pelangi” di bagian kanan jalan. 

Perlu Anda ketahui bahwa medan jalan menuju ke Desa Gubuk Klakah memang sedikit menanjak dan tidak terlalu lebar. Saat sudah memasuki desanya, medan jalan akan semakin menyempit dan berkelok. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, usahakan untuk lebih hati-hati.

Jalan Menuju Air Terjun Coban Pelangi

Sesampainya di pintu masuk lokasi wisata, Anda masih perlu berjalan kaki di jalan setapak terjal dengan sudut kemiringan mencapai 45 derajat sejauh 1 km. Lagi-lagi, Anda perlu hati-hati menapaki jalanan di sana karena cukup licin dan banyak terdapat batuan berlumut. Kelihatannya melelahkan ya!

Meski demikian, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam menakjubkan serta warung-warung kecil untuk beristirahat. Setelah menempuh setengah perjalanan, Anda akan melewati jembatan bambu eksotis yang bisa menjadi spot foto estetik dan instagramable.

Jembatan bambu yang sering dijuluki dengan nama Jembatan Cinta ini menandakan bahwa Anda sudah dekat dengan air terjun. Setelah melewati jembatan, Anda akan kembali menapaki undakan jalan setapak dengan pembatas bambu. 

Sesampainya di puncak undakan tersebut, akhirnya Anda bisa memandang Curug Coban Pelangi secara langsung.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Coban Pelangi

Coban Kabut Pelangi buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Jika hendak berkunjung ke sana, sebaiknya datanglah pada pagi sampai siang hari agar bisa berjumpa dengan pelangi yang bergantung di sekitaran air terjun tersebut.

Untuk bisa menikmati pemandangan alam yang super menakjubkan ini, para wisatawan hanya akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp10.000 per orang selama weekday, dan Rp15.000 per orang selama akhir pekan.

Baca Juga  Pesona Air Terjun Madakaripura dengan Keindahan Mendunia

Selain membayar tiket masuk, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi juga diminta untuk membayar tarif parkir sebesar Rp4.000 untuk kendaraan motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Fasilitas dan Aktivitas di Curug Coban Pelangi

Setiap wisatawan berhak menggunakan dan memanfaatkan fasilitas wisata yang tersedia di Curug Coban Pelangi. Fasilitas tersebut terdiri dari:

  • Mushola
  • Toilet umum
  • Kamar khusus untuk mandi
  • Tempat makan
  • Gazebo

Selain itu, wisatawan juga bisa mendapat keseruan wisata bersama wahana dan aktivitas asyik yang tersedia di objek wisata ini. Beberapa wahana dan aktivitas tersebut terdiri dari :

  • Camping, wisatawan dapat menyewa tempat beserta peralatan perkemahan lengkap yang tersedia di tempat wisata
  • Berkuda, Anda juga bisa mendapat pengalaman menaiki kuda dengan tarif sewa cukup terjangkau 
  • River tubing, permainan air menggunakan ban karet ini dapat wisatawan jajal di area sungai kecil dekat air terjun
  • Rafting, wahana ini dapat menampung sebanyak 4-5 orang dengan durasi permainan selama 30 menit

Bagaimana, seru bukan? Saat liburan ke Malang nanti, jangan lupa mampir ke Air Terjun Coban Pelangi bersama keluarga ataupun kawan masing-masing!

5 / 5. 1

(Visited 3 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Menelusuri Candi Jago, Situs Bersejarah di Kota Malang
Candi Jago

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Salah satu sumber kebudayaan itu berasal dari peninggalan kerajaan-kerajaan yang muncul pada zaman Read more

Air Terjun Nglirip, Tempat Healing Bikin Fresh!
air terjun nglirip tuban jawa timur

Bagi pecinta trekking dan yang suka berburu lokasi foto eksotis, air terjun Nglirip adalah salah satu yang patut masuk daftar Read more

Pesona Air Terjun Madakaripura dengan Keindahan Mendunia
air terjun madakaripura

Bicara soal air terjun dekat Bromo, mengunjungi Air Terjun Madakaripura bisa menjadi solusi tepat. Air terjun ini berada di Kabupaten Read more

Lebih Tua Dari Majapahit, Begini Megahnya Candi Brahu
Candi Brahu Mojokerto Jawa Timur

Indonesia telah memiliki peradaban yang sangat lama. Hal itu dibuktikan dengan adanya berbagai situs peninggalan kuno yang berumur ratusan tahun. Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: