Serunya Liburan Keluarga ke Kebun Binatang Bandung

Jika Anda liburan ke Bandung, maka jangan lewatkan kunjungan ke Kebun Binatang Bandung. Wisata edukatif yang patut untuk Anda coba. Terlebih lagi jika Anda datang bersama rombongan besar. Baik itu bersama keluarga, kelompok pertemanan atau rekan kerja. Wisata ini menjadi salah satu alternatif wisata alam lainnya di Bandung seperti Kampung Singkur Pengalengan, wisata Situ Patenggang, Sanghyang Heuleut, dan masih banyak lagi.

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana sejarah kebun binatang ini? Lalu, apa saja koleksi satwa, fasilitas, dan berapakah harga tiket masuknya? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

Sejarah Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung atau kerap disebut juga dengan Bandung Zoo berada di jantung Kota Bandung. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga Bandung maupun wisatawan luar. Tidak hanya itu, awal mula berdirinya Kebun Binatang Bandung juga cukup menarik.

Kebun Binatang Bandung

Sejarah berdirinya kebun binatang ini bermula sejak sebelum Indonesia merdeka. Tepatnya pada tahun 1930. Waktu itu masih bernama BZP atau Bandung Zoological Park bersama Hoogland, Direktur Bank Dennis yang menjadi pionirnya.

Ketika Jepang datang dan menduduki tanah air, tempat Bandung Zoo ini kurang terpelihara dengan baik. Barulah pada tahun 1948, kebun binatang yang dulunya bernama Derenten ini mengalami rehabilitasi. Hingga akhirnya bisa berfungsi sebagai objek wisata yang menarik.

Untuk pemilik Kebun Binatang Bandung sendiri masih kontroversial. Sebab, ada sedikit intrik yang menyelimuti keluarga pewaris dari pemilik awal Bandung Zoo.

Jelang tutup tahun 1956, BZP resmi bubar. Keputusan ini berasal dari kebijakan Gan Ema. Pahlawan perjuangan nasional yang bernama lengkap Raden Ema Bratakusumah ini kemudian mendirikan Yayasan Margasatwa Tamansari sebagai alternatif penggantinya pada tahun 1957.

Fasilitas Objek Wisata

Berdiri di atas lahan seluas 13,5 hektare, kebun binatang satu ini telah lama menjadi destinasi wisata favorit warga Bandung maupun masyarakat Jawa Barat.

Google Maps: https://g.page/BAZOGA?share

Lahan seluas itu uniknya dibagi oleh pihak pengelola secara istimewa. Jika dipresentasikan, luas lahan untuk area perkandangan sebetulnya tidak sampai 20% dari total luas area Bandung Zoo. Karena separuh lebih lahan digunakan untuk area taman.

Baca Juga  Air Terjun Luhur, Wisata Adem untuk Liburan Keluarga

Area taman tersebut meliputi gazebo serta beberapa tempat duduk lesehan. Sementara sisanya untuk bangunan kantor administratif, pengelolaan sampah, museum, aquarium dan jalan setapak.

Selain karena aksesnya mudah, kebun binatang ini juga memiliki ratusan koleksi satwa yang beragam. Mulai dari jenis aves atau burung, macam-macam reptil, hingga berbagai jenis mamalia dan ikan. Jadi, Anda bisa mengenalkan banyak nama hewan kepada anak-anak jika mengajak si kecil ke Bandung Zoo.

Ada banyak fasilitas Kebun Binatang Bandung yang bisa Anda dapatkan guna memenuhi kebutuhan Anda. Terdapat toilet yang bersih, area parkir luas, hingga masjid untuk tempat beribadah kaum muslim. Ada juga aula jika Anda memesan Paket Family Gathering untuk acara kantor atau sejenisnya.

Di sana juga terdapat beberapa toko pujasera yang cukup lengkap dan menyediakan aneka makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Pasca masifnya serangan pandemi, Bandung Zoo baru buka kembali pada tanggal akhir Juni 2020 silam. Mengenai jam operasional bisa sewaktu-waktu berubah sesuai dengan kebijakan pihak pengelola.

Tempat wisata yang beralamat di daerah Lebak Siliwangi ini sudah terdaftar di Google Maps. Jadi Anda tak perlu khawatir soal arah jalannya. Lokasi Kebun Binatang Bandung tepatnya ada di Jalan Kebun Binatang No.6.

Ragam Koleksi Satwa

Tidak perlu cemas jika Anda ingin berfoto dengan satwa yang ada di sini. Petugas sudah menyiapkan area tertentu agar Anda bisa berfoto bersama satwa yang Anda kehendaki. Bukan cuma itu saja, kalau Anda masih merasa kurang dengan berfoto, Anda bisa mencoba sensasi berada di punggung satwa.

Anda bisa mencoba menunggangi hewan gajah, unta dan kuda di wahananya masing-masing dan tentunya dengan pendampingan dari petugas di sana.

Para zookeeper juga menyajikan pertunjukan satwa yang memperlihatkan keakraban para zookeeper dengan beragam satwa peliharaan. Jenis satwa Kebun Binatang Bandung yang dapat Anda saksikan antara lain: binturong, marmot, anjing pudel, burung kakatua koki, burung macaw biru kuning, dll.

Baca Juga  Mengenal The Lodge Maribaya, Tempat Wisata Populer di Lembang

HTM Bandung Zoo

Syarat masuk Kebun Binatang Bandung ini mudah. Yakni, Anda masuk dengan membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tiket masuk tersebut sudah mencakup segala fasilitas yang bisa Anda nikmati selama di Bandung Zoo, yaitu melihat aneka satwa yang ada di sana.

Tiket tersebut juga berlaku untuk menikmati taman bermain dan wahana perayu duyung. Tapi ini berlaku jika Anda berkunjung pada hari biasa. Karena jika pada hari Minggu atau hari libur nasional lainnya, maka Anda perlu membayar biaya tambahan.

Harga tiket Kebun Binatang Bandung bisa Anda dapatkan seharga 40 ribu rupiah saja. Harga tersebut berlaku untuk semua pengunjung berusia 3 tahun ke atas. Sementara anak-anak di bawah 3 tahun bisa masuk secara gratis.. Tiket tersebut bisa Anda gunakan untuk berkunjung sejak pukul 08.00-16.00 WIB.

Akan lebih murah lagi jika Anda datang secara berkelompok alias rombongan, namun dengan syarat minimal kuota 30 orang tercukupi. Ada potongan sebesar lima ribu rupiah per orang jika datang rombongan. Jika Anda datang bersama rombongan, tentu bisa sedikit menghemat biaya pengeluaran.

Destinasi Wisata Terdekat

Jika Anda datang dari luar kota dan ingin singgah di beberapa destinasi wisata sekitar Bandung Zoo, Anda bisa berkunjung ke Taman Cikapayang Dago. Khususnya jika ingin bersantai setelah panas-panasan keliling di kebun binatang.

Destinasi wisata terdekat lainnya antara lain: Forest Walk Baksil, Upside Down Bandung, serta Skywalk Cihampelas. Ketiganya menarik untuk dikunjungi, tapi pastikan Anda siap menikmati berbagai wahana pemacu adrenalin yang ada di sana.  

Contohnya saja, Upside Down Bandung adalah wahana permainan yang akan membuat Anda kebingungan. Karena di dalamnya menggunakan ilusi optik yang menakjubkan. Jadi, Anda berada di suatu ruang yang menjadikan Anda tampak lebih kecil atau besar karena ilusi optik ruang tadi.

Baca Juga  Kuntum Farmfield Tempat Wisata Populer di Bogor

Kalau Skywalk Cihampelas, seperti namanya yaitu jembatan kaca. Anda berjalan di atas kaca namun berada di ketinggian lantai tertentu. Jadi, sebelum Anda ke sini, pastikan Anda tidak takut ketinggian, ya. Terlalu beresiko kalau Anda memiliki fobia ketinggian namun nekat mencoba naik.

Kalau mau ke mall, bisa ke Cihampelas Walk alias Ciwalk. Jika suka dengan seni dan budaya, bisa mampir ke Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Di sini Anda bisa melihat berbagai warisan kebudayaan terutama kebudayaan khas Jawa Barat, yakni kebudayaan Sunda.

Ada juga kawasan hutan seperti Babakan Siliwangi. Atau kalau ingin jalan-jalan sore bisa ke Teras Cikapundung BBWS. Di sini terdapat para pedagang kaki lima yang menjajakan aneka dagangan. Tapi  kalau Anda lapar saat malam hari, coba mampir makan malam di Iga Bakar Si Jangkung.Kebun Binatang Bandung memiliki daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Selain koleksi satwa yang melimpah, letaknya lumayan strategis dan berdekatan dengan banyak destinasi wisata lainnya. Tak heran, banyak wisatawan yang mengunjunginya bersama keluarga besar.

5 / 5. 2

(Visited 6 times, 1 visits today)
Artikel Terkait
Air Terjun Cibareubeuy, Wisata Air Terjun Hitz di Subang
air terjun cibareubeuy

Subang memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang menyuguhkan pemandangan indah dan udara sejuk. Salah satu wisata Subang yang kini Read more

Air Terjun Luhur, Wisata Adem untuk Liburan Keluarga
air terjun luhur

Saat musim liburan tiba, melepas penat dari kesibukan pasti masuk dalam daftar penting yang ingin diwujudkan. Pilihan terbaik adalah berlibur Read more

Air Terjun Cikanteh, Surganya Dunia
Air Terjun Cikanteh

Pernahkah Anda berkunjung ke Sukabumi? Jika iya, mungkin Anda pernah mendengar air terjun Cikanteh. Air terjun ini juga disebut sebagai Read more

Mengenal The Lodge Maribaya, Tempat Wisata Populer di Lembang
The Lodge Maribaya

Sebagai kota wisata, Bandung tentu saja menawarkan banyak destinasi pilihan dengan keunikan tersendiri. Salah satu wisata di Bandung yang tak Read more

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
%d blogger menyukai ini: